Menu

Mode Gelap
Iedul Fitri dan Hari Anti-Kelaparan Sedunia Syarat “Ngaji” di Mbah Google dan Internet Kuatkan UMKM, Ansor Jalin Kerjasama Dengan BNI Jepara NU Jepara Dukung Progam 1 Juta Vaksin Booster Suluk Mantingan : Membangun Relasi Agama, Seni dan Budaya

Hujjah Aswaja · 19 Jun 2022 12:48 WIB ·

Jaga Aset Tanah NU Dengan AWANU


 Bimtek aplikasi wakaf NU (Awanu). Perbesar

Bimtek aplikasi wakaf NU (Awanu).

nujepara.or.id-Pengurus Cabang LWP NU Kabupaten Jepara mengadakan kegiatan Bimtek Aplikasi Wakaf NU (AWANU) akhir pekan lalu.

Aplikasi AWANU merupakan aplikasi yg dibuat oleh PC Lembaga Wakaf & Pertanahan ( LWP ) NU Jepara dan menjadi yg pertama di Jawa tengah yg dimiliki oleh NU.

Kegiatan bimtek AWANU digelar agar pendataan dan penataan aset NU bisa dipercepat. Harapannya lewat langkah itu berbagai persoalan di lapangan juga bisa segera dicarikan solusi hingga terbitnya sertifikat aset-aset NU.

Peserta bimtek berasal dari pengurus LWP NU MWC NU se Kabupaten Jepara. Berbekal perangkat laptop dan smartphone, para peserta tak hanya diberi panduan teori namun juga langsung praktik penggunaan AWANU.

“Tugas utama LWP NU adalah mendata menjaga dan mengatasi permasalahan terkait aset tanah milik NU. Tugas ini tidak bisa berjalan maksimal kalau tidak ada data riil di lapangan,” kata Ketua LWP NU Jepara, Junaidi, SH, MH.

Awanu bisa menjadi salah satu solusi pendataan aset Wakaf untuk NU bahkan saat rapat wilayah Awanu mendapat apresiasi yang luar biasa bahkan bisa jadi aplikasi Awanu dapat digunakan di PWNU Jateng.

Junaidi menegaskan jika pengurus LPW NU Jepara itu terdiri dari 2 unsur yakni anggota Badan Wakaf Indonesia (BWI) dan notaris yang memang sudah profesional di bidang tersebut. Mereka juga tiap hari menangani bidang wakaf dan pertanahan.

“Mari kita data dan jaga aset tanah NU,” ujarnya.

Ketua Tanfidziyah NU Jepara KH. Charis Rahman, mengatakan selain berfungsi untuk mendata seluruh aset NU, AWANU juga bermanfaat menjaga amanat dari pewakif. Penggunaan aplikasi itu juga wujud transparansi NU kepada berbagai elemen masyarakat yang mewakafkan tanahnya untuk perjuangan NU.

“Amanah ini harus kita jaga dan dimaksimalkan untuk kepentingan umat,” tandasnya. (MO)

Artikel ini telah dibaca 104 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

UNISNU Harlah ke-31, Berdzikir bersama Al Khidmah dan Hadirkan KH. Marzuki Mustamar

10 Agustus 2022 - 06:48 WIB

Sembilan Nilai Warisan Gus Dur, Apa Saja?  

9 Agustus 2022 - 01:37 WIB

Muharram, Masjid Baitul Muttaqin Bulungan Santuni 20 Yatim Piatu

8 Agustus 2022 - 05:53 WIB

Harlah Unisnu Ke-31: Candradimuka Pemimpin Masa Depan Jepara

7 Agustus 2022 - 03:33 WIB

Ini Tujuh Peristiwa Penting Pada 10 Muharram

5 Agustus 2022 - 02:07 WIB

Ketua PBNU : Jangan Kiaikan Dukun, Kita Harus Selektif

4 Agustus 2022 - 02:37 WIB

Ilustrasi praktik perdukunan (@dukunsantet)
Trending di Hujjah Aswaja
%d blogger menyukai ini: