Menu

Mode Gelap
KH Ma’mun Adullah Hadziq Didorong Masuk Dewan Pembina RSI Sultan Hadlirin Wisuda UNISNU, Pesan Rais Aam PBNU : “Masa Depan NU Ada Di tangan Kalian” Riwayat Pesisir Utara, Pusat Penyebaran Islam di Pulau Jawa Fatayat Batealit Dorong UMKM Naik Kelas Guru: Antara Profesi dan Tuntunan 

Hujjah Aswaja · 19 Jun 2022 12:48 WIB ·

Jaga Aset Tanah NU Dengan AWANU


 Bimtek aplikasi wakaf NU (Awanu). Perbesar

Bimtek aplikasi wakaf NU (Awanu).

nujepara.or.id-Pengurus Cabang LWP NU Kabupaten Jepara mengadakan kegiatan Bimtek Aplikasi Wakaf NU (AWANU) akhir pekan lalu.

Aplikasi AWANU merupakan aplikasi yg dibuat oleh PC Lembaga Wakaf & Pertanahan ( LWP ) NU Jepara dan menjadi yg pertama di Jawa tengah yg dimiliki oleh NU.

Kegiatan bimtek AWANU digelar agar pendataan dan penataan aset NU bisa dipercepat. Harapannya lewat langkah itu berbagai persoalan di lapangan juga bisa segera dicarikan solusi hingga terbitnya sertifikat aset-aset NU.

Peserta bimtek berasal dari pengurus LWP NU MWC NU se Kabupaten Jepara. Berbekal perangkat laptop dan smartphone, para peserta tak hanya diberi panduan teori namun juga langsung praktik penggunaan AWANU.

“Tugas utama LWP NU adalah mendata menjaga dan mengatasi permasalahan terkait aset tanah milik NU. Tugas ini tidak bisa berjalan maksimal kalau tidak ada data riil di lapangan,” kata Ketua LWP NU Jepara, Junaidi, SH, MH.

Awanu bisa menjadi salah satu solusi pendataan aset Wakaf untuk NU bahkan saat rapat wilayah Awanu mendapat apresiasi yang luar biasa bahkan bisa jadi aplikasi Awanu dapat digunakan di PWNU Jateng.

Junaidi menegaskan jika pengurus LPW NU Jepara itu terdiri dari 2 unsur yakni anggota Badan Wakaf Indonesia (BWI) dan notaris yang memang sudah profesional di bidang tersebut. Mereka juga tiap hari menangani bidang wakaf dan pertanahan.

“Mari kita data dan jaga aset tanah NU,” ujarnya.

Ketua Tanfidziyah NU Jepara KH. Charis Rahman, mengatakan selain berfungsi untuk mendata seluruh aset NU, AWANU juga bermanfaat menjaga amanat dari pewakif. Penggunaan aplikasi itu juga wujud transparansi NU kepada berbagai elemen masyarakat yang mewakafkan tanahnya untuk perjuangan NU.

“Amanah ini harus kita jaga dan dimaksimalkan untuk kepentingan umat,” tandasnya. (MO)

Artikel ini telah dibaca 113 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Rakernas Lesbumi NU Ke-V, Ketum PBNU: Mari Membangun Narasi sebagai Strategi

3 Desember 2022 - 03:33 WIB

KH Ma’mun Adullah Hadziq Didorong Masuk Dewan Pembina RSI Sultan Hadlirin

1 Desember 2022 - 04:27 WIB

Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta (baju putih) berbincang dengan salah seorang pasien yang berobat di RSI Sultan Hadlirin, Rabu (30/11/2022).

Wisuda UNISNU, Pesan Rais Aam PBNU : “Masa Depan NU Ada Di tangan Kalian”

30 November 2022 - 03:08 WIB

Riwayat Pesisir Utara, Pusat Penyebaran Islam di Pulau Jawa

29 November 2022 - 00:16 WIB

Kota Pelabuhan Jepara tahun 1600-an (Sumber KITLV)

PMWC Maarif NU Batealit Juara Umum Pekan Madaris III Jepara

28 November 2022 - 01:14 WIB

Fatayat Batealit Dorong UMKM Naik Kelas

27 November 2022 - 14:11 WIB

Sebanyak 76 pelaku UMKM dari wilayah Kecamatan Bateslit dan sekitarnya mengikuti kegiatan yang digelar PAC Fatayat Batealit, Kamis (24/11/2022)
Trending di Hujjah Aswaja
%d blogger menyukai ini: