Menu

Mode Gelap
Membumikan Tasawuf, Jatman Idaroh Ghusniyah Kecamatan Tahunan Gelar Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah UNISNU Jepara Luluskan 425 Wisudawan, Rektor Tekankan Intelektualitas dan Akhlaqul Karimah Lantik IPNU-IPPNU Ranting Banjaragung, Ketua MWC NU Bangsri: Fokus Kaderisasi Sejarah NU dan Klaim Para Habaib Kepala Kemenag Jepara hingga Turis dari Kenya Kagumi Stand Gelar Karya Siswa MTs Sadamiyyah, Ini Alasannya

Kabar · 21 Mei 2016 16:18 WIB ·

Karnaval Malam Nisfu Sya’ban Jadi Ajang Kreasi Seni


 Karnaval Malam Nisfu Sya’ban Jadi Ajang Kreasi Seni Perbesar

karnaval nisfu syaban
JEPARA – Pemuda RT 1 RW 2 Desa Mambak Kecamatan Pakis Aji, Jepara menyelenggarakan karnaval lampion dan pentas seni pada Sabtu (21/5) malam untuk memeringati Nisfu Sya’ban 1437 H. Karnaval diikuti ratusan anak dari warga setempat dengan membawa lampion beraneka warna dan bentuk. Setiap kelompok dalam karnaval juga menampilkan kreasinya masing-masing, seperti pakaian tradisional, rebana, tongthek, marchingband, dan kostum ala santri. Karnaval dilepas oleh Petinggi Mambak Hadi Prayitno pukul 19.30.
Ketua panitia, Aris Setiawan mengatakan karnaval Nisfu Sya’ban telah menjadi agenda warga Desa Mambak yang rutin dilaksanakan setiap tahun. “Malam ini adalah kegiatan keempat kalinya, dan diharapkan akan terus dilaksanakan setiap tahun untuk mensyiarkan malam Nisfu Sya’ban,” kata Aris.
Ia menambahkan kegiatan karnaval ini juga menjadi momentum bagi warga untuk mempererat tali silaturahmi serta apresiasi kreativitas seni para pemuda. “Panggung ini akan menjadi tempat para pemuda Mambak untuk mengekspresikan kreativitasnya”, tandasnya dalam sambutan pembukaan acara.
Petinggi Mambak Hadi Prayitno mengapresiasi  terselenggaranya kegiatan tersebut. Ia juga berpesan agar para pemuda tidak hanya berani mengekspresikan kreativitasnya, namun juga berani menjauhi narkoba, minuman keras, dan pelecehan seksual. “Apa yang dilakukan para pemuda ini harus menjadi contoh bagi para pemuda lainnya di Desa Mambak”, pesannya dalam sambutan.

Apresiasi seni

Karnaval malam Nisfu Sya’ban Desa Mambak juga menjadi ajang pentas seni Islami bagi warga. Beragam kreativitas seni karya pemuda Desa Mambak ditampilkan dalam kegiatan tersebut, sepeti penampilan grup perkusi Sriwiti Java Percussion Mambak, serta penampilan seni dari Dukuh Jetak, Daruni, Krajan 1 dan Suto.
Untuk menambah kemeriahan, panitia mengundang bintang tamu Larva Pecussion dari Desa Kecapi. Penampilan larva cukup menarik perhatian para penonton dan mendapatkan apresiasi yang sangat tinggi. [DM]

Artikel ini telah dibaca 52 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Membumikan Tasawuf, Jatman Idaroh Ghusniyah Kecamatan Tahunan Gelar Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah

17 Juni 2024 - 08:56 WIB

Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah yang digelar di pondok pesantren An Nur Mangunan, Sabtu (15/6/2024) dihadiri sejumlah Pengurus MWC NU Tahunan, Rois Syuriyah Ranting, dan ratusan santri.

UNISNU Jepara Luluskan 425 Wisudawan, Rektor Tekankan Intelektualitas dan Akhlaqul Karimah

1 Juni 2024 - 20:48 WIB

Lantik IPNU-IPPNU Ranting Banjaragung, Ketua MWC NU Bangsri: Fokus Kaderisasi

1 Juni 2024 - 09:55 WIB

Pengurus IPNU IPPNU Ranting Desa Banjargung periode 2024 - 2026 dilantik, Jumat (31/5/2024). Para pengurus yang baru diinstruksikan fokus kaderisasi para pelajar yang diproyeksikan menjadi generasi masa depan andalan Nahdlatul Ulama.

Sejarah NU dan Klaim Para Habaib

31 Mei 2024 - 14:26 WIB

Tanamkan Cinta Lingkungan Sejak Dini, SDIU Fadlun Nafis Ajak Anak Didik Tanam Mangrove di Pantai Kropak Bondo

25 Mei 2024 - 11:40 WIB

Pelajar SDIU Fadlun Nafis Bangsri Jepara menanam mangrove di Pantai Kropak Bondo.

Kepala Kemenag Jepara hingga Turis dari Kenya Kagumi Stand Gelar Karya Siswa MTs Sadamiyyah, Ini Alasannya

25 Mei 2024 - 11:30 WIB

Kepala Kemenag Jepara, Ketua LP Ma'arif NU Jepara dan lainnya foto bersama di depan stand karya pelajar MTs Sadamiyyah di Alun-alun Jepara.
Trending di Kabar