Menu

Mode Gelap
Iedul Fitri dan Hari Anti-Kelaparan Sedunia Syarat “Ngaji” di Mbah Google dan Internet Kuatkan UMKM, Ansor Jalin Kerjasama Dengan BNI Jepara NU Jepara Dukung Progam 1 Juta Vaksin Booster Suluk Mantingan : Membangun Relasi Agama, Seni dan Budaya

Ansor · 25 Jan 2020 08:01 WIB ·

Kebonan Ansor Bawu, Wujudkan Kemandirian Organisasi


 Kebonan Ansor Bawu, Wujudkan Kemandirian Organisasi Perbesar

nujepara.or.id – Untuk meminimalisir anekdot NU kepanjangan dari Narik Urunan dan tradisi penggalian dana kepada donatur jika mengadakan kegiatan, PR GP Ansor Bawu Kecamatan Batealit Kabupaten Jepara medio Desember tahun lalu mulai merintis program untuk kemandirian organisasi.

Program yang diberi nama Kebonan Ansor Bawu itu resmi dilaunching pada 15 Desember 2019 lalu.

Kebonan adalah program di bidang ekonomi utamanya bidang perkebunan. Sampai saat ini memiliki tanah sepanjang 5000 m2 yang tersebar di 5 tempat. Lima tempat itu 3 milik anggota anggota Ansor dan 2 tempat milik masyarakat yang siap menjadi mitra.

Koordinator Divisi Perekonomian PR Ansor Bawu, Muhammad Mujib Priyatama mengatakan jenis pohon yang ditanam adalah pisang cavendis jenis hijau sebanyak 140 pohon.

Program itu kata pria yang akrab disapa Mujib itu terbuka lebar untuk masyarakat yang hendak menjadi mitra.

Ditanya tentang penggerak program, dia menjelaskan semua anggota Ansor Bawu adalah yang menjalankan program tersebut.

Adapun untuk hasilnya, Mujib yang diamanahi menjadi Ketua Pelaksana Kebonan Ansor Bawu itu mengungkapkan berkaitan dengan hasil menggunakan sistem bagi hasil.

“Pemilik lahan memperoleh 30%, Ansor penyedia bibit, pupuk dan pengelola 70%. Untuk pemilih lahan dan pengelola (anggota/masyarakat) 70%, sedangkan Ansor sebagai penyedia bibit dan pupuk bagiannya 30%,” terangnya, Sabtu (25/1/2020).

Pihaknya menambahkan bahwa dengan program itu bertujuan untuk mewujudkan kemandirian organisasi utamanya di bidang finansial. “Juga menciptakan lapangan pekerjaan bagi anggota Ansor Bawu dan lingkungan sekitar,” tambahnya.

Di samping itu untuk mewujudkan statement tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah.

Mujib mengemukakan permodalan program itu tidak mengambil kas Ansor. “Ada investor yang bertanggung jawab dan membimbing sampai panen pertama. Uang dari investor ini misal rugi ditanggung investor, jika ada keuntungan milik organisasi,” tambahnya.

Melalui program tersebut pihaknya berharap Ansor Bawu mempunyai semacam destinasi wisata berupa Kebonan percontohan dan pengolahan hasil kebonan.

“Kami berharap 5 tahun ke depan mempunyai minimal 5000 pohon. Sehingga perkebunan ini bisa bermanfaat untuk anggota dan masyarakat,” harap Owner Priyatama Production ini.

Terpisah, Ketua PC GP Ansor Jepara, H. Syamsul Anwar mengapresiasi kerja nyata Ansor Bawu dalam menggiatkan sektor ekonomi organisasi guna menopang kemandirian organisasi.

“Semoga sukses, mendatangkan banyak hasil dan bermanfaat bagi keberlangsungan perjalanan organisasi,” pungkasnya. (ip)

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Muharram, Masjid Baitul Muttaqin Bulungan Santuni 20 Yatim Piatu

8 Agustus 2022 - 05:53 WIB

Harlah Unisnu Ke-31: Candradimuka Pemimpin Masa Depan Jepara

7 Agustus 2022 - 03:33 WIB

Ketua PBNU : Jangan Kiaikan Dukun, Kita Harus Selektif

4 Agustus 2022 - 02:37 WIB

Ilustrasi praktik perdukunan (@dukunsantet)

PCNU Jepara Lantik PRNU Guyangan II

2 Agustus 2022 - 05:28 WIB

NU Harus Lebih Peka Pada Rakyat Kecil

1 Agustus 2022 - 13:49 WIB

Malam Puncak Gebyar Muharram, MWC NU Kedung Gelar Doa Bersama

1 Agustus 2022 - 13:33 WIB

Trending di Hujjah Aswaja
%d blogger menyukai ini: