Menu

Mode Gelap
Iedul Fitri dan Hari Anti-Kelaparan Sedunia Syarat “Ngaji” di Mbah Google dan Internet Kuatkan UMKM, Ansor Jalin Kerjasama Dengan BNI Jepara NU Jepara Dukung Progam 1 Juta Vaksin Booster Suluk Mantingan : Membangun Relasi Agama, Seni dan Budaya

Kabar · 20 Jun 2021 07:12 WIB ·

Ketuk Rahmat, NU Ngabul Gelar 40 Khataman Al-Qur’an Serentak


 Ketuk Rahmat, NU Ngabul Gelar 40 Khataman Al-Qur’an Serentak Perbesar

Khataman al qur’an NU Ngabul dalam rangka haul Punden Datuk Jokosari.

nujepara.or.id – Dalam rangka haul punden Datuk Jokosari, Pengurus NU Ranting Ngabul, Tahunan, Jepara menggelar khataman Al-Qur’an bersama 53 hafidz/hafidzah yang tersebar di seluruh desa Ngabul.

Acara dilakukan di 11 lokasi (9 masjid plus mushalla Balaidesa dan Makam Mbah Datuk Jokosari) pada Jumat Kliwon, 18 Juni 2021. Sementara itu, masing-masing mushalla sudah menyelenggarakan tahlilan haul bersama lingkungan pada malam hari sebelum khataman Al-Qur’an serentak digelar sejak pagi hingga siang hari.

Menurut Ketua NU Ngabul, Kiai Nur Halim Al-Hafidz, khataman sengaja digelar sebagai bagian dari cara batiniyah mengetuk rahmat dari Allah agar musim pancaroba bisa dihadapi oleh warga Jepara, khususnya warga Ngabul, Tahunan, Jepara.

“Selain ikhtiar lahiriyah, kita harus berikhtiar secara batiniyah. Salah satunya ya dengan kegiatan khataman serentak oleh JHQ NU Ngabul ini,” terang Nur Halim saat ditemui di Komplek Makam Datuk Jokosari, Ngabul, Jumat (18/06/2021) jelang Jum’atan.

Ia berharap, setelah khataman Al-Qur’an nanti, warga Ngabul dilindungi Allah dan diberikan kesehatan. “Selama dua pekan terakhir, LazisNU Ngabul sudah memberikan bantuan kepada 22 orang meninggal, dan waktunya hampir bersamaan. Semoga ini bukan musibah,” tambah Nur Halim.

Khataman Al-Qur’an serentak yang digelar di puluhan lokasi dalam waktu bersamaan baru pertama kali diinisiasi oleh Pengurus NU Ngabul tahun ini. Ia berharap tahun depan semakin semarak seiring digelarnya Haul Tahunan Kabumi bersama Pemdes Desa Ngabul.

Atas nama NU Ngabul, Nur Halim mengucapkan terimakasih kepada Pak Sholehan, SE., Petinggi Ngabul, yang sangat mendukung giat NU hingga mengijinkan mushalla Balaidesa Ngabul bisa dibuat ngaji Al-Qur’an pada Jumat siang itu.

Berkat dukungan petinggi dan perangkat beserta seluruh seluruh nadzir masjid-mushalla, lembaga dan Banom NU Ranting NU Ngabul, syiar Islam dan giat ngaji di Ngabul makin meluas dan dirasakan oleh warga Ngabul. “Ini cara kami untuk tetap beraswaja dan memberikan manfaat di tengah pandemi,” pungkas Nur Halim. (mab)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

UNISNU Harlah ke-31, Berdzikir bersama Al Khidmah dan Hadirkan KH. Marzuki Mustamar

10 Agustus 2022 - 06:48 WIB

Muharram, Masjid Baitul Muttaqin Bulungan Santuni 20 Yatim Piatu

8 Agustus 2022 - 05:53 WIB

Harlah Unisnu Ke-31: Candradimuka Pemimpin Masa Depan Jepara

7 Agustus 2022 - 03:33 WIB

Ketua PBNU : Jangan Kiaikan Dukun, Kita Harus Selektif

4 Agustus 2022 - 02:37 WIB

Ilustrasi praktik perdukunan (@dukunsantet)

PCNU Jepara Lantik PRNU Guyangan II

2 Agustus 2022 - 05:28 WIB

NU Harus Lebih Peka Pada Rakyat Kecil

1 Agustus 2022 - 13:49 WIB

Trending di Kabar
%d blogger menyukai ini: