Menu

Mode Gelap
Mantan Rektor UNISNU Dr. Sa’dullah Tutup Usia, Sang Lentera Filsuf Santri Rayakan Harlah ke-79, Muslimat NUYPM NU Cabang Jepara Gelar Gebyar Lomba PAUD dan TPQ Bingung?? Mana Dulu, Aqiqah atau Kurban Dulu, Atau Bersamaan dengan Satu Kambing? PBNU Luncurkan Aplikasi Digdaya Kepengurusan, Kini Lebih Modern Pengurus Ranting NU Lebak Resmi Dilantik, Komitmen Khidmah lanjutkan Perjuangan

Headline · 28 Agu 2024 13:09 WIB ·

KKN Unisnu Dampingi Mitra Tingkatkan Branding Produk di Desa Pendem


 KKN Unisnu Dampingi Mitra Tingkatkan Branding Produk di Desa Pendem Perbesar

JEPARA (nujepara.or.id) – Sebagai makanan lokal, tape yang dibuat melalui proses fermentasi mempunyai kekhasan rasa dan aroma. Makanan lokal ini diproduksi oleh Sutina Pengusaha UMKM di Desa Pendem. “Sejauh ini pemasaran tape bu Sutina hanya di sekitar lingkungan tempat tinggalnya,” ujar Muhammad Saiful Amin Koordinator mahasiswa desa (Kormades) KKN Unisnu Desa Pendem. Selain itu, mitra belum memiliki personal branding yang bisa mengangkat perekonomiannya dalam jangkauan luas, tambahnya.

Pendampingan tim KKN Unisnu kepada mitra bertujuan untuk meningkatkan personal branding dan memperluas pemasaran produk mereka melalui platform digital. Kegiatan ini juga menghadirkan Petinggi Desa Pendem Nur Ismail dan para pelaku UMKM Desa Pendem.

Pemateri kegiatan menghadirkan tim KKN Unisnu Anggraini. Menurutnya membangun personal branding sangat penting. Mereka menekankan bahwa logo yang kuat dan kemasan yang menarik bisa menjadi alat penting dalam membangun citra usaha. “Identitas visual sangat penting untuk UMKM, karena bisa menjadi pembeda di pasar yang kompetitif. Kami sarankan agar Ibu Sutinah menggunakan logo yang unik dan kemasan yang mencerminkan kualitas produk,” ungkap Anggraini salah satu mahasiswa KKN UNISNU yang bertugas dalam pendampingan sosialisasi.

Selain itu, pemanfaatan platform digital juga penting agar pemasaran menjangkau konsumen secara luas. “Dengan adanya internet, jangkauan pasar tidak lagi terbatas pada wilayah sekitar. Pelaku UMKM bisa menggunakan media sosial untuk memperkenalkan produknya ke seluruh Indonesia,” ungkap Muhammad Saiful Amin yang juga turut menyampaikan materi pemasaran digital.

Tim KKN Unisnu, kemudian, mendampingi mitra berpromosi lewat platform toko online. “Kami mendampingi cara membuat akun toko online, menyusun deskripsi produk, menentukan harga yang sesuai, hingga strategi promosi dan pengelolaan pengiriman barang,” terang Saiful panggilan Muhammad Saiful Amin. Sehingga produk yang sudah terpasang di akun platform toko online bisa dengan mudah diakses oleh konsumen se-Indonesia hingga mancanegara, pungkasnya.

Alvaros/KKN Unisnu ke-XVII Desa Pendem

Artikel ini telah dibaca 31 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Mantan Rektor UNISNU Dr. Sa’dullah Tutup Usia, Sang Lentera Filsuf Santri

2 Juni 2025 - 15:58 WIB

Buka Peluang Kemitraan, KBRI Riyadh Jalin Kerjasama dengan UNISNU di Bidang Pendidikan dan Kebudayaan

27 Mei 2025 - 22:11 WIB

Enterpreneurship, Dari Musala ke Marketplace, Kiprah GP Ansor Mendorong UMKM Naik Kelas

13 Mei 2025 - 06:04 WIB

Ansor Jepara

NU dan GP Ansor Sukosono Gelar Takbir Keliling Bersama Pemerintah Desa dengan Tema ‘Menjaga Pribadi Islami di Tengah Gempuran Teknologi’

31 Maret 2025 - 23:46 WIB

Solusi Praktis Bayar Zakat Fitrah via Online, Begini Penjelasannya

30 Maret 2025 - 10:06 WIB

Zakat Fitrah di Era Digital: Bolehkah Membayar Secara Online?

29 Maret 2025 - 10:55 WIB

Trending di Bahtsul Masail