Menu

Mode Gelap
Kyai Mukhammad Siroj: Sosok Pendidik, Pengabdi dan Teladan Sehidup Semati Sorban Kiai Hijau dan Tali Tambang, Ini Makna Logo Harlah Ke-102 NU, Bisa Diunduh di Sini Jadwal Puasa Rajab 1446 H/2025, Beserta Niat dan Caranya Mahasiswa PAI UNISNU ikuti Kuliah Komparasi Aswaja Komunitas Muslim di Negeri Beruang Merah, bareng Dr. Amy dari PCINU Federasi Rusia Tanggap Bencana, PCNU Jepara Gelar Rakor, Jalin Sinergi dengan Pemerintah dan Elemen Lainnya

Headline · 28 Agu 2024 13:09 WIB ·

KKN Unisnu Dampingi Mitra Tingkatkan Branding Produk di Desa Pendem


 KKN Unisnu Dampingi Mitra Tingkatkan Branding Produk di Desa Pendem Perbesar

JEPARA (nujepara.or.id) – Sebagai makanan lokal, tape yang dibuat melalui proses fermentasi mempunyai kekhasan rasa dan aroma. Makanan lokal ini diproduksi oleh Sutina Pengusaha UMKM di Desa Pendem. “Sejauh ini pemasaran tape bu Sutina hanya di sekitar lingkungan tempat tinggalnya,” ujar Muhammad Saiful Amin Koordinator mahasiswa desa (Kormades) KKN Unisnu Desa Pendem. Selain itu, mitra belum memiliki personal branding yang bisa mengangkat perekonomiannya dalam jangkauan luas, tambahnya.

Pendampingan tim KKN Unisnu kepada mitra bertujuan untuk meningkatkan personal branding dan memperluas pemasaran produk mereka melalui platform digital. Kegiatan ini juga menghadirkan Petinggi Desa Pendem Nur Ismail dan para pelaku UMKM Desa Pendem.

Pemateri kegiatan menghadirkan tim KKN Unisnu Anggraini. Menurutnya membangun personal branding sangat penting. Mereka menekankan bahwa logo yang kuat dan kemasan yang menarik bisa menjadi alat penting dalam membangun citra usaha. “Identitas visual sangat penting untuk UMKM, karena bisa menjadi pembeda di pasar yang kompetitif. Kami sarankan agar Ibu Sutinah menggunakan logo yang unik dan kemasan yang mencerminkan kualitas produk,” ungkap Anggraini salah satu mahasiswa KKN UNISNU yang bertugas dalam pendampingan sosialisasi.

Selain itu, pemanfaatan platform digital juga penting agar pemasaran menjangkau konsumen secara luas. “Dengan adanya internet, jangkauan pasar tidak lagi terbatas pada wilayah sekitar. Pelaku UMKM bisa menggunakan media sosial untuk memperkenalkan produknya ke seluruh Indonesia,” ungkap Muhammad Saiful Amin yang juga turut menyampaikan materi pemasaran digital.

Tim KKN Unisnu, kemudian, mendampingi mitra berpromosi lewat platform toko online. “Kami mendampingi cara membuat akun toko online, menyusun deskripsi produk, menentukan harga yang sesuai, hingga strategi promosi dan pengelolaan pengiriman barang,” terang Saiful panggilan Muhammad Saiful Amin. Sehingga produk yang sudah terpasang di akun platform toko online bisa dengan mudah diakses oleh konsumen se-Indonesia hingga mancanegara, pungkasnya.

Alvaros/KKN Unisnu ke-XVII Desa Pendem

Artikel ini telah dibaca 30 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Peringatan Harlah NU Ke-102, MWC NU Kedung Jepara Gelar Khitan Massal dan Kegiatan Religi

17 Januari 2025 - 13:48 WIB

Harlah NU dan Haul Gus Dur Digelar Bersama, PCNU Jepara Ajak Teladani Para Pejuang NU

16 Januari 2025 - 07:32 WIB

IPNU-IPPNU Ranting Pekalongan Gelar Festival Rebana Tradisional Ke- 2, Ini Daftar Juaranya

11 Januari 2025 - 23:52 WIB

Mahasiswa PAI UNISNU ikuti Kuliah Komparasi Aswaja Komunitas Muslim di Negeri Beruang Merah, bareng Dr. Amy dari PCINU Federasi Rusia

13 Desember 2024 - 10:01 WIB

Arafani, Mahasiswi UNISNU Sabet Prestasi di Lomba Esai Hari Santri Lakpesdam PWNU Jateng

6 Desember 2024 - 14:16 WIB

Haul Sultan Hadlirin Mantingan ke-491, Prof KH. Said Aqil Siradj Ingatkan NU sebagai Benteng Akidah Aswaja

19 November 2024 - 02:00 WIB

Trending di Headline