Menu

Mode Gelap
KH Ma’mun Adullah Hadziq Didorong Masuk Dewan Pembina RSI Sultan Hadlirin Wisuda UNISNU, Pesan Rais Aam PBNU : “Masa Depan NU Ada Di tangan Kalian” Riwayat Pesisir Utara, Pusat Penyebaran Islam di Pulau Jawa Fatayat Batealit Dorong UMKM Naik Kelas Guru: Antara Profesi dan Tuntunan 

Hujjah Aswaja · 9 Okt 2022 14:04 WIB ·

Kompleks Makam Adipati Citrosomo I-VII: Bupati Jepara di Masa Sultan Agung Mataram


 Makam Adipati Citrosomo I-VII di Desa Sendang. Perbesar

Makam Adipati Citrosomo I-VII di Desa Sendang.

nujepara.or.id- Jika kita singgah di Desa Sendang yang terletak di Kecamatan Kalinyamatan, Kabupaten Jepara, kita akan disuguhi beragam situs sejarah yang berkaitan erat dengan Kota Jepara. Salah satunya adalah komplek pemakaman Adipati Citrosoma I-VII, Bupati Jepara di masa awal dan Bupati Jepara R.M.A.A Sosroningrat beserta Mas Ajeng Ngasirah orang tua RA. Kartini.

Makam Adipati Citrosomo III

Desa Sendang di masa lalu merupakan salah satu wilayah yang istimewa, karena berada dalam satu komplek dengan Keraton Kalinyamat. Selain itu, keberadaan makam Adipati Jepara dari masa ke masa menjadi bukti kuat bahwa Desa Sendang saat itu merupakan salah satu pusat pemerintahan di Jepara.

Diduga, desa Sendang pada zaman dulu merupakan tepian pantai. Hal ini bisa dibuktikan jika penduduk setempat menggali sumur, akan ditemukan kerang dan pasir laut. Selain itu terdapat situs Batu Ampar, yang kalau diperhatikan akan menyerupai sebuah dermaga tempat bersandar kapal. Desa Sendang pun diambil dari sebuah sumber air tawar (sendang) yang berada dekat di lokasi tersebut. Karena sulitnya mencari air tawar.

Makam Adipati Citrosomo IV

Adipati Citrosomo I memerintah Jepara pada tahun (1708-1742), Citrosomo III (1755-1778), Citrosomo IV (1778-1784), Citrosomo V (1784-1810), Citrosomo VI (1810-1850), Citrosomo VII (1855-1890). Adapun Citrosomo II yang memerintah pada tahun 1742 setelah wafatnya Citrosomo I dimakamkan di Desa Bapangan Jepara.

Dari beberapa informasi yang berhasil kami dapatkan, salah satunya dari juru kunci makam, Adipati Citrosomo I mempunyai nama Ki Wuragil Djiwosuto salah satu pengawal setia Sultan Agung Mataram. Sebelum diangkat menjadi Adipati Jepara, Ki Wuragil Djiwosuto berhasil meredam ontran-ontran di daerah pesisir utara Pulau Jawa. Bersama dengan para Adipati mulai Probolinggo hingga Tegal, Ki Wuragil Djiwosuto berhasil meredam pasukan Belanda.

Sejak saat itulah Ki Wuragil Djiwosuto diangkat menjadi Adipati Jepara dengan sebutan Adipati Citrosomo yang menempati sebuah wilayah di Desa Sendang sekarang. Masjid yang berada di komplek makam, konon salah satu masjid tua di Jepara. Karena dibangun pada masa Citrosomo III.

Masjid yang bernama Masjid Annur ini telah mengalami beberapa kali renovasi. Pada tahun 2022 ini, dan masih berjalan, masjid tersebut direnovasi dengan cara berusaha mengembalikan arsitektur lama. (UA)

Artikel ini telah dibaca 50 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

YPM NU Jepara Berhasil Borong Tropy dalam Ajang Festival Aswaja Tingkat Provinsi

5 Desember 2022 - 12:02 WIB

Peduli Cianjur, Pengurus Ranting NU Tahunan Galang Dana untuk Korban Gempa

4 Desember 2022 - 11:53 WIB

Rakernas Lesbumi NU Ke-V, Ketum PBNU: Mari Membangun Narasi sebagai Strategi

3 Desember 2022 - 03:33 WIB

KH Ma’mun Adullah Hadziq Didorong Masuk Dewan Pembina RSI Sultan Hadlirin

1 Desember 2022 - 04:27 WIB

Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta (baju putih) berbincang dengan salah seorang pasien yang berobat di RSI Sultan Hadlirin, Rabu (30/11/2022).

Wisuda UNISNU, Pesan Rais Aam PBNU : “Masa Depan NU Ada Di tangan Kalian”

30 November 2022 - 03:08 WIB

Riwayat Pesisir Utara, Pusat Penyebaran Islam di Pulau Jawa

29 November 2022 - 00:16 WIB

Kota Pelabuhan Jepara tahun 1600-an (Sumber KITLV)
Trending di Islam Nusantara
%d blogger menyukai ini: