Menu

Mode Gelap
Majlis “kopi” an-Nahdhoh Balekambang Salurkan Ribuan Paket Daging Kurban untuk Warga Jepara dan Kudus Membumikan Tasawuf, Jatman Idaroh Ghusniyah Kecamatan Tahunan Gelar Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah UNISNU Jepara Luluskan 425 Wisudawan, Rektor Tekankan Intelektualitas dan Akhlaqul Karimah Lantik IPNU-IPPNU Ranting Banjaragung, Ketua MWC NU Bangsri: Fokus Kaderisasi Sejarah NU dan Klaim Para Habaib

Kabar · 12 Apr 2022 13:18 WIB ·

Kuatkan Kelembagaan, Ini Komitmen Lakpesdam PCNU Jepara


 Kuatkan Kelembagaan, Ini Komitmen Lakpesdam PCNU Jepara Perbesar

nujepara.or.id – Penguatan Kelembagaan dan Upgrading Pengurus Lembaga Kajian dan Pengembangan Manusia (Lakpesdam ) PCNU Jepara  menjadi langkah awal untuk memberikan pengurus tentang fungsi dan peran Lakpesdam periode 2021-2026. Kegiatan itu juga untuk menguatkan personal tentang langkah dan strategi menjalankan program kerja.

 

Ketua PC Lakpesdam NU Jepara periode 2021 - 2026 menyerahkan kenang-kenangan kepada Ketua Lakpesdam periode 2005 - 2015 Mayadina RM

 

Hal ini dikatakan Ketua Lakpesdam PCNU Jepara Khoirul Muslimin dalam agenda penguatan internal bersama Ketua Lakpesdam periode 2005-2015 Maya Dina RM di Gedung NU Jepara, kemarin.

“Lakpesdam berperan dalam melakukan kajian isu-isu strategis kebangsaan, keislaman dan advokasi,” ungkap Muslimin.

Advokasi ini, kata Muslimin terkait  kebijakan publik dasar. Khususnya terkait pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan sosial. Lakpesdam juga memberikan dukungan data, analisis, argumentasi, dan alternatif rumusan kepada PCNU dalam perumusan sikap dan kebijakan organisasi.

Menurutnya di bidang keislaman Lakpesdam berusaha untuk mengarusutamakan pelaksanaan nilai-nilai Islam ahli sunnah waljama’ah an-nahdhiyah yang moderat, toleran, mengakui, menghargai keragaman, ramah dan berkeadilan.

Dosen Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UNISNU Jepara itu juga memiliki tugas terhadap pemberdayaan manusia di lingkungan NU. Tugas itu seperti memfasilitasi kaderisasi di lingkungan NU, mengelola pengetahuan dan sumber-sumbernya agar memberikan manfaat dalam pemberdayaan manusia dan pengembangan ilmu.

Ia berharap dengan penguatan kelembagaan dan upgrading ini diharapkan pengurus memahami tupoksi kerja yang dilakukan selama lima tahun. Kemudian personal pengurus mengetahui langkah dan strategi menjalankan program kerja.

“Semoga terjalin kekompakan antar pengurus. Sehingga program-program PCNU terkait pengembangan SDM berjalan dengan baik,” ujarnya.

 

 

Sementara itu, Maya Dina RM berharap Lakpesdam periode 2021-2026 bisa menjadi simpul penguat institusi NU agar mampu mengartikulasikan kepentingan jamaah dengan memberikan input substansial tekait isu aktual yang relevan.

Selain itu Lakpesdam juga mampu mengembangkan dan memberdayakan  SDM NU melalui penguatan kelembagaan, pelatihan-pelatihan rutin dan tematik. Lalu juga melakukan fasilitasi pendampingan warga dalam advokasi serta mengembangkan pusat data dan informasi.
“Kajian strategis, pemberdayaan SDM dan advokasi dalam bermasyarakat dan bernegara yang toleran dan berkeadilan ala ahlissunnah wal jamaah,” tandas Maya.

* Penulis Wakil Sekretaris Lakpesdam PCNU Misbahus Sholihin

Artikel ini telah dibaca 98 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Majlis “kopi” an-Nahdhoh Balekambang Salurkan Ribuan Paket Daging Kurban untuk Warga Jepara dan Kudus

22 Juni 2024 - 19:30 WIB

Penyembelihan hewan kurban Idul Adha 1445 H di Majlis an-Nahdhoh, Jepara

Alhamdulillah, Pengecoran Lantai 3 RSU Aseh Rampung, Rais Syuriah: Kita Punya Tanggung Jawab Organisasi dan Moral Agar Rumah Sakit Ini Bisa Segera Operasional

22 Juni 2024 - 19:04 WIB

Kondisi lantai 3 RSU Aseh setelah dilakukan pengecoran. Hingga Sabtu (22/6) ini masih dilakukan penyiraman di titik pengecoran itu.

PC Fatayat NU, Perempuan-perempuan Tangguh Dibalik Pembangunan RSU Aseh Jepara

21 Juni 2024 - 20:31 WIB

Forum Lingkar Diskusi Nilai Hijrah (Li Dinihi): Mencari Sosok Pemimpin Jepara

21 Juni 2024 - 20:02 WIB

Membumikan Tasawuf, Jatman Idaroh Ghusniyah Kecamatan Tahunan Gelar Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah

17 Juni 2024 - 08:56 WIB

Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah yang digelar di pondok pesantren An Nur Mangunan, Sabtu (15/6/2024) dihadiri sejumlah Pengurus MWC NU Tahunan, Rois Syuriyah Ranting, dan ratusan santri.

UNISNU Jepara Luluskan 425 Wisudawan, Rektor Tekankan Intelektualitas dan Akhlaqul Karimah

1 Juni 2024 - 20:48 WIB

Trending di Kabar