Menu

Mode Gelap
Lakpesdam NU Jepara Tancap Gas Penguatan Kaderisasi NU, PD-PKPNU Angkatan Ke-3 Digelar di Mlonggo Awal Maret 2023 Kiai Charis Turun Langsung Sosialisasikan RSNU Jepara, Gencarkan SIDoWaRaS Hingga Ranting Wakaf 4 m2 untuk RSNU, Petinggi Tahunan: Warga NU
Harus Dukung Inovasi Bidang Kesehatan
Meriahkan 1 Abad NU, Lesbumi Semaikan Pesan Nasionalisme Lewat Pementasan Ketoprak Santri NU Jepara Menjemput Abad Kedua Menuju Kebangkitan Baru

Kabar · 20 Mar 2019 04:49 WIB ·

Ma’had Aly Harus Mampu Merawat dan Menjaga Tradisi Pesantren


 Ma’had Aly Harus Mampu Merawat dan Menjaga Tradisi Pesantren Perbesar

nujepara.or.id – Dewan Mahasantri Asosiasi Ma’had Aly Indonesia (Dema Amali) wilayah Jawa tengah II mengadakan Musyawarah Wilayah (Musywil) pertama yang berlangsung di Ma’had Aly Balekambang Pondok Pesantren Roudlotul Mubtadiin Balekambang Jepara, Kamis-Jumat (14-15/3/2019) lalu.

Dema Amali merupakan organisasi kemahasantrian di bawah naungan Asosiasi Ma’had Aly Indonesia (Amali) yang dibentuk tim panitia 9 dan diresmikan pada bulan lalu pada Kongres I Ma’had Aly Indonesia di Ma’had Aly Hasyim Asy’ari Tebuireng, Jawa Timur.

Acara dihadiri 7 delegasi dari beberapa Ma’had Aly dan dihadiri sekitar 30 mahasantri termasuk Presidium Nasional Dema Amali Ahmad Munib Sodiq. Pembukaan acara dihadiri KH Miftahuddin mewakili Mudir Ma’had Aly Roudlotul Mubtadiin. 

Ia berpesan, ma’had aly harus bisa memperkenalkan diri kepada awam sebab kenyataannya tergolong lembaga pendidikan baru. Kedua, ma’had aly mampu merawat dan menjaga tradisi-tradisi baik dari pesantren serta mengaktualisasikannya untuk menghadapi perkembangan zaman. 

Ketiga, ma’had aly juga harus ikut serta berperan aktif dalam kancah media sosial, berperan aktif dalam dakwah Islam moderat di sosial media sehingga dapat menekan bahkan mengalahkan paham-paham radikalisme yang disebarkan oleh oknum-oknum di luar sana.

Adapun ke-7 delegasi yang hadir adalah Ma’had Aly Balekambang Jepara (Hadits wa Ulumuhu), Pesantren Maslakul Huda Kajen Pati (Fiqh wa Ushuluhu), Pondok Pesantren Iqna ath-Thalibin Sarang Rembang (Tasawuf wa Thariqatuhu), Fadhlul Jamil Sarang Rembang (Fiqh wa Ushuluhu), al-Hasaniyyah Senori Tuban (Fiqh wa Ushuluhu), Tasywiquth Thullab Salafiyah Kudus (Ilmu Falak), dan Nurul Burhany Mranggen Demak (Qur’an wa Ulumuhu).

Presidium Nasional Munib menuturkan wakil dari ma’had aly harus berperan aktif mencurahkan segala kemampuan untuk menyusun program atau membangun pondasi yang kuat. 

Hal itu menurutnya agar ketika dikenal di kalangan masyarakat luas telah berdiri kokoh dengan karakter yang melekat. Bukan hanya sekedar nama namun sudah memiliki eksistensi yang nyata.

Di waktu yang bersamaan, Musywil pertama juga digelar di pondok pesantren Lirboyo Kediri yang diikuti oleh beberapa ma’had aly dari wilayah Jatim I. (Ilham/Iqbal)

Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ketua PCNU Jepara: Peringatan Satu Abad NU Momentum untuk Refleksi

5 Februari 2023 - 05:11 WIB

Lakpesdam NU Jepara Tancap Gas Penguatan Kaderisasi NU, PD-PKPNU Angkatan Ke-3 Digelar di Mlonggo Awal Maret 2023

4 Februari 2023 - 08:58 WIB

Jajaran Lakpesdam PCNU Jepara menggelar rapat koordinasi dengan pengurus MWCNU Mlonggo dan Kepala SMK Az-Zahra Mlonggo terkait persiapan pelaksanaan PD-PKPNU angkatan ke-3.

Kiai Charis Turun Langsung Sosialisasikan RSNU Jepara, Gencarkan SIDoWaRaS Hingga Ranting

3 Februari 2023 - 23:03 WIB

Ketua Tanfidziyah PCNU Jepara KH Charis Rohman mengukuhkan lembaga-lembaga Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Kecapi 3 di Masjid Ar-Roudloh, Kecapi Kaligede RT 18 RW 03 Kecapi Tahunan Jepara, Kamis (2/2/2023) malam.

Wakaf 4 m2 untuk RSNU, Petinggi Tahunan: Warga NU
Harus Dukung Inovasi Bidang Kesehatan

1 Februari 2023 - 15:06 WIB

Petinggi Tahunan H Muhadi , pengurus NU Tahunan dan panitia penggerak wakaf RSNU saat kegiatan peringatan 1 Abad NU, Selasa (30/1/2023).

Meriahkan 1 Abad NU, Lesbumi Semaikan Pesan Nasionalisme Lewat Pementasan Ketoprak Santri

1 Februari 2023 - 14:36 WIB

Pementasan Ketoprak Santri dengan lakon “Sang Naga Samudra Satru Bebuyutan Portugis”.

NU Jepara Menjemput Abad Kedua Menuju Kebangkitan Baru

1 Februari 2023 - 13:56 WIB

Ilustrasi NU menerangi dunia
Trending di Esai
%d blogger menyukai ini: