Menu

Mode Gelap
KH Ma’mun Adullah Hadziq Didorong Masuk Dewan Pembina RSI Sultan Hadlirin Wisuda UNISNU, Pesan Rais Aam PBNU : “Masa Depan NU Ada Di tangan Kalian” Riwayat Pesisir Utara, Pusat Penyebaran Islam di Pulau Jawa Fatayat Batealit Dorong UMKM Naik Kelas Guru: Antara Profesi dan Tuntunan 

Kabar · 28 Okt 2022 17:12 WIB ·

MWCNU Bangsri Siap Gelar Pendidikan Dasar Pendidikan Kader Nahdlatul Ulama


 MWCNU Bangsri Siap Gelar Pendidikan Dasar Pendidikan Kader Nahdlatul Ulama Perbesar

nujepara.or.id – Majelis Wakil Cabang (MWC) NU Kecamatan Bangsri siap menggelar Pendidikan Dasar – Pendidikan Kader Nahdlatul Ulama (PD-PKPNU). PD-PKPNU merupakan pengkaderan dasar untuk penguatan kelembagaan dan ideologi yang wajib diikuti oleh pengurus dan kader Nahdlatul Ulama.

Rapat Koordinasi pelaksanaan PD-PKPNU MWCNU Bangsri digelar di rumah Risyanto Jetis salah seorang pengurus Lakpesdam MWCNU Bangsri pada Rabu, 26 Oktober 2022. Turut hadir dalam rapat koordinasi persiapan PD-PKNU itu, Ketua Lakpesdam PCNU Khoirul Muslimin, dan Wakil Ketua Puad Hasyim. Lalu ada juga Sekretaris MWC NU Bangsri Burhan, Ketua Lakpesdam MWC NU Bangsri Abdus Suud, GP Ansor dan para pengurus lainnya.

Ketua Tanfidziyah MWC NU Bangsri Kiai Ihsan mengatakan pihaknya mendukung penyelenggaraan PD-PKPNU. Sebab kegiatan ini penting untuk memberikan bekal kepada pengurus, dan kader di tingkat MWC dan Ranting.

“Sebagai pengemudi kendaraan harus memiliki SIM, hal yang sama juga berlaku untuk yang mengemudikan organisasi harus memiliki SIM pengkaderan. Jadi jangan sampai pengkaderan dasar ini tidak diikuti oleh pengurus maupun kader,” pesan Kiai Ihsan.

Sementara itu, Khoirul Muslimin mengatakan PD-PKPNU memang penting untuk warga NU, terlebih yang menjadi pengurus. Karena alasan itu juga, PD-PKPNU wajib dilakukan di semua tingkatan mulai dari PBNU,PWNU, PCNU, MWNU hingga Ranting. Menurutnya kaderisasi merupakan kebutuhan dasar organisasi yang harus terus dilakukan. 

“Tujuan pengkaderan menyiapkan kader yang visioner memahami gerak dan langkah organisasi,” kata Khoirul Muslimin.

Dosen Fakultas Dakwah Unisnu Jepara ini menambahkan untuk pelaksanaan PD-PKPNU dilaksanakan tiga hari pada hari Jumat, Sabtu dan Minggu maksimal diikuti 150 peserta. Untuk meringankan biaya panitia penyelenggara bisa bekerjasama dengan pondok pesantren setempat. 

Wakil Ketua Lakpesdam PCNU Jepara Puad Hasyim menjelaskan kaderisasi bagian dari sekolah organisasi yang sifatnya muklat harus dilaksanakan baik melalui biaya sendiri mau gotong royong.

“Jadi sekolah kader untuk semua, kalau kita amati, gubernur, walikota, bupati DPR, semua ada tahapan untuk sekolah kader, sehingga sekolah arah kebijakan yang diambil tepat sasaran. Demikian juga dalam pengelolaan NU, yang mengendalikan juga harus faham dengan NU. Agar faham ya melalui proses kaderisasi,” ungkap Puad Hasyim yang juga PIC PD-PKPNU tingkat cabang.

Ketua Lakpesdam MWC NU Bangsri Abdus Su’ud mengatakan pihaknya siap menindaklanjuti hasil rapat koordinasi pelaksanaan PD-PKPNU. Pihaknya juga berharap kegiatan itu nantinya berjalan lancar dan bermanfaat untuk NU, khususnya kader yang mengikuti pengkaderan.

“Saya benar-benar merasakan manfaat dari kaderisasi ini. Setelah mengikuti PD-PKPNU ke-1 di Ponpes Balekambang dampaknya memang luar biasa, pemahaman dalam pengelolaan organisasi lebih kuat. Selain itu juga ada penguatan ideologi,” tandas Suud.

Artikel ini telah dibaca 102 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

YPM NU Jepara Berhasil Borong Tropy dalam Ajang Festival Aswaja Tingkat Provinsi

5 Desember 2022 - 12:02 WIB

Peduli Cianjur, Pengurus Ranting NU Tahunan Galang Dana untuk Korban Gempa

4 Desember 2022 - 11:53 WIB

Rakernas Lesbumi NU Ke-V, Ketum PBNU: Mari Membangun Narasi sebagai Strategi

3 Desember 2022 - 03:33 WIB

KH Ma’mun Adullah Hadziq Didorong Masuk Dewan Pembina RSI Sultan Hadlirin

1 Desember 2022 - 04:27 WIB

Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta (baju putih) berbincang dengan salah seorang pasien yang berobat di RSI Sultan Hadlirin, Rabu (30/11/2022).

Wisuda UNISNU, Pesan Rais Aam PBNU : “Masa Depan NU Ada Di tangan Kalian”

30 November 2022 - 03:08 WIB

Riwayat Pesisir Utara, Pusat Penyebaran Islam di Pulau Jawa

29 November 2022 - 00:16 WIB

Kota Pelabuhan Jepara tahun 1600-an (Sumber KITLV)
Trending di Islam Nusantara
%d blogger menyukai ini: