Menu

Mode Gelap
Iedul Fitri dan Hari Anti-Kelaparan Sedunia Syarat “Ngaji” di Mbah Google dan Internet Kuatkan UMKM, Ansor Jalin Kerjasama Dengan BNI Jepara NU Jepara Dukung Progam 1 Juta Vaksin Booster Suluk Mantingan : Membangun Relasi Agama, Seni dan Budaya

Buku Kita · 30 Okt 2019 18:59 WIB ·

Nilai-nilai Pancasila dalam Berbangsa dan Bernegara


 Nilai-nilai Pancasila dalam Berbangsa dan Bernegara Perbesar

Judul : Pendidikan Pancasila untuk Perguruan Tinggi
Penulis : M. Taufik, S.H., M.H., dkk
Penyunting : Hayat dan H.Suratman
Penerbit : Baskara Media Aditia Group
Tahun Terbit : Cetakan Pertama, 1 Juli 2018
Tebal Buku : xii +382 Halaman
Peresensi : Muhammad Syahril, mahasiswa Prodi Ilmu Administrasi Negara Universitas Islam Malang

Buku ini menjelaskan mengenai Pancasila secara lebih mendalam dan secara keseluruhan demi kepentingan kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia. Terutama bagi kalangan Mahasiswa. Buku ini sangatlah bermanfaat atau pun sangat penting guna menambah wawasan, pengetahuan dan kecintaan terhadap Negara Republik Indonesia.

Dan buku ini tesusun atas beberapa bab yang masing-masing bab ini mencakup dalam semua hal, yaitu: Pancasila dalam lintas sejarah, Pengerian Pancasila dan Perkembangannya, Pancasila sebagai ideologi Negara, Pancasila sebagai sistem Filsafat, Pancasila sebagai etika Politik, Hubungan Agama dan Pancasila, Pancasila sebagai paradigma kehidupan dalam bermasyarakat dan bernegara, Nilai Pancasila dalam dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia, sistem Pemerintahan, dan Pancasila sebagai dasar Nilai pengembangan Ilmu dan Teknologi.

Buku ini juga ditulis atau disusun oleh berbagai pihak atau berbagai macam latar pendidikan sehingga menghasilkan sebuah buku yang kompleks dan lengkap dan mudah dipahami tentunya oleh kalangan mahasiswa ataupun mahasiswi, dan mungkin setelah dibacanya atau dipahaminya buku ini setidaknya bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, dari yang sebelumnya mereka tidak tahu akan yang namanya nilai-nilai pancasila dan lebih pentingnya lagi yang sebelumnya Mahasiswa-mahasiswi hanya tahu pancasila itu hanya sebatas ideologi negara saja tanpa tahu makna dan fungsi pancasila secara keseluruhan.

Adanya keanekaragaman suku ras agama, maka dari itu muncullah pancasila untuk menyatukan perbedaan-perbedaan tersebut. Dalam memimpin sebuah negara yang cukup besar ini tentunya kita memiliki pemimpin yang tahu akan memimpin Negara yang sedemikian banyak perbedaan-perbedaan, sehingga pemimpin tersebut harus memiliki sifat kepemimpinan yang mampu memimpin negara ini, dan pemimpin tersebut harus memimpin sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam ideologi pancasila.

Dalam membangun suatu negara yang memiliki harkat, martabat dan intelektual yang baik tentunya suatu negara ini memiliki dasar serta asas-asas untuk mewujudkan negara yang makmur, maka bangsa Indonesia harus memiliki dasar-dasar untuk mewujudkannya, maka dari itu harus memiliki pancasila sebagai paradigma pembangunan. Adapun untuk melakukan sesuatu tindakan-tindakan yang berkaitan dengan kepentingan negara tentunya harus berlandaskan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila.

Di sisi lain juga pernah disinggung di atas Pancasila juga sebagai dasar nilai pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, di mana pancasila ini turut ikut ambil bagian dalam pemgembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek), memang sangat dibutuhkan guna dapat mempercepat laju perkembangan suatu negara, sehingga seiring dalam perkembangan zaman Negara Indonesia tetap mengikuti sesuai dengan perkembangan jaman.

Namun terlepas dari hal itu semua pasti ada dampak-dampak negatif yang ditimbulkan dari iptek ini, maka dari itu pengembangan iptek ini tidak bisa dilepaskan dari nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila.

Pastinya ada kekurangan dalam buku, tidak memberikan secara jelas terhadap seorang pemula yang membacanya dan menyebabkan susah untuk dipahami. Adapun kelebihan dari buku ini adalah mampu memberikan informasi secara keseluruhan, detail dan terperinci serta memberikan motivasi bagi semua orang yang membacanya dan sehingga mampu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. (*)

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

11 Ramadhan, Peringati Wafatnya Sayyidah Khadijah

13 April 2022 - 03:45 WIB

Mengapa Sayyidah Aisyah RA Selalu Mengqadha Puasa di Bulan Sya’ban?

7 Maret 2022 - 06:28 WIB

Ayat Epidemi dalam Alqur’an Sebagai Paradigma Membangun Jihad di Masa Pandemi

12 Agustus 2021 - 13:15 WIB

Amaliyah Ahlissunnah wal Jamaah, Kitab Kehidupan Sehari-hari

19 Juli 2020 - 04:44 WIB

Buku Menjerat Gusdur : PMII Konsisten Bela Kiai NU

14 Februari 2020 - 08:25 WIB

Membaca Jepara dalam Suma Oriental

2 Februari 2020 - 05:16 WIB

Trending di Buku Kita
%d blogger menyukai ini: