Menu

Mode Gelap
Iedul Fitri dan Hari Anti-Kelaparan Sedunia Syarat “Ngaji” di Mbah Google dan Internet Kuatkan UMKM, Ansor Jalin Kerjasama Dengan BNI Jepara NU Jepara Dukung Progam 1 Juta Vaksin Booster Suluk Mantingan : Membangun Relasi Agama, Seni dan Budaya

Kabar · 30 Mei 2016 06:54 WIB ·

NU dan Ikdamuba Blusukan ke Kampung Bantu Dhuafa


 NU dan Ikdamuba Blusukan ke Kampung Bantu Dhuafa Perbesar

SERAHKAN BANTUAN: Perwakilan dari Ikdamuba, Wiwik Endang Triningsih menyerahkan bantuan sembako kepada warga pesisir di Desa Semat Kecamatan Tahunan, Jepara, baru-baru ini.

SERAHKAN BANTUAN: Perwakilan dari Ikdamuba, Wiwik Endang Triningsih menyerahkan bantuan sembako kepada warga pesisir di Desa Semat Kecamatan Tahunan, Jepara, baru-baru ini.


 
JEPARA – Nahdlatul Ulama (NU) bersama Ikatan Daiyah Muda Bangsri (Ikdamuba) menyelenggarakan program bantuan sosial ke kaum dhuafa di desa-desa. Hal itu dilakukan tiap  pekan dalam dua  bulan terakhir. Kegiatan tersebut akan terus berjalan dan menjangkau ke lebih banyak perkampungan.
Hal itu disampaikan Ketua PCNU Jepara KH Hayatun Abdullah Hadziq dan Ketua Ikdamuba Munashiroh, baru-baru ini. Kegiatan tersebut disokong penuh Pengasuh Pondok Pesantren Darul Falah Bangsri KH Taufiqul Hakim. “NU sudah ada kerja sama dengan Ikdamuba dalam berbagai bentuk. Salah satunya melalui santunan atau sedekah ke masyarakat yang kurang mampu di desa-desa. Ini sudah berjalan ke beberapa desa dan akan terus berjalan. Ada juga kerja sama dalam penyaluran zakat melalui Lazisnu,” kata Kiai Hayatun, kemarin.
Munashiroh mengatakan, Ikdamuba, perkumpulan para dai perempuan di Kecamatan Bangsri, Mlonggo dan Kembang, sejak 2012 sudah menjalankan program bantuan sosial dan mulai 2016 ini bekerja sama dengan NU. “Program ini disokong penuh Kiai Taufiqul Hakim. Tak hanya bantuan sembako, tetapi juga buku atau kitab,” ujar Munashiroh di sela-sela penyerahan bantuan puluhan paket sembako untuk masyarakat Desa Semat Kecamatan Tahunan, Kamis (26/5) sore bersama Wakil Ketua PCNU jepara Hisyam Zamroni.
Ia menjelaskan, sebelum ini, ia bersama perwakilan NU sudah blusukan ke beberapa desa, di antara Desa Sowan Kidul dan Desa Surodadi Kecamatan Kedung, Desa Pancur Kecamatan Mayong dan Desa Keling. Lebih dari 1.000 Alquran juga diperbantukan untuk masyarakat dalam beberapa pekan terakhir. Kegiatan tersebut berjalan tiap pekan dan biasanya diserahkan tiap Kamis sore atau Jumat.
Bantuan untuk warga Desa Semat diserahkan kepada Ketua NU Ranting Semat Nurhadi dan disaksikan masyarakat yang menerima. Sebelum penyerahan bantuan dilakukan pembacaan Alquran bersama oleh para penghafal Alquran. (ms)
 

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Muharram, Masjid Baitul Muttaqin Bulungan Santuni 20 Yatim Piatu

8 Agustus 2022 - 05:53 WIB

Harlah Unisnu Ke-31: Candradimuka Pemimpin Masa Depan Jepara

7 Agustus 2022 - 03:33 WIB

Ketua PBNU : Jangan Kiaikan Dukun, Kita Harus Selektif

4 Agustus 2022 - 02:37 WIB

Ilustrasi praktik perdukunan (@dukunsantet)

PCNU Jepara Lantik PRNU Guyangan II

2 Agustus 2022 - 05:28 WIB

NU Harus Lebih Peka Pada Rakyat Kecil

1 Agustus 2022 - 13:49 WIB

Malam Puncak Gebyar Muharram, MWC NU Kedung Gelar Doa Bersama

1 Agustus 2022 - 13:33 WIB

Trending di Hujjah Aswaja
%d blogger menyukai ini: