Menu

Mode Gelap
Tujuh Perilaku yang Perlu Diperhatikan Jelang Ramadhan, Nomor 6 Wajib Dilakukan “Mandi Besar” Jelang Puasa Ramadhan Hukumnya Wajib? Begini Tuntunan yang Benar PW IPNU Dan IPPNU Jawa Tengah Resmi Dilantik, Sinergitas dan Bersatu jadi Kunci Jalannya Organisasi Musrenbangkab, Ketua DPRD Jepara Garis Bawahi Pentingnya Pembangunan Infrastruktur Jalan Sambut Ramadhan dengan Bahagia, Annur Mangunan Gelar Jalan Sehat Keliling Desa

Esai · 1 Feb 2023 13:56 WIB ·

NU Jepara Menjemput Abad Kedua Menuju Kebangkitan Baru


 Ilustrasi NU menerangi dunia Perbesar

Ilustrasi NU menerangi dunia

Oleh Kiai Roshif Arwani*

nujepara.or.id – Satu Abad NU (16 Rajab 1344 – 16 Rajab 1444 H) dengan tema “Mendigdayakan NU Menjemput Abad Kedua Menuju Kebangkitan Baru” merupakan tema yang penuh harapan dalam berhidmah pada warga, NKRI dan dunia pada umumnya.

Serta agar bisa menghadirkan nilai nilai agama pada kehidupan masyarakat, merawat jagat dengan memberi solusi dan sekaligus mengatasi problem dunia internasional.

NU dengan nilai-nilai Aswajanya harus bisa mengoptimalkan perannya dalam membentuk karakter warganya agar bisa menjemput abad kedua menuju kebangkitan baru melalui lembaga pendidikan,lembaga kesehatan dan lembaga perekonomian yang ada di dalam NU.

Cita cita para pendiri NU untuk mencetak generasi yang luhur dalam berbudi pekerti, mandiri cakap dan maju dalam ekonomi, sehat bersih dan keren dalam kesehatan harus didorong dan direalisasikan dalam wujud kerja nyata agar betul-betul bisa menjemput abad kedua dengan senyum bahagia.

Momentum satu abad pada tahun ini harus bisa memotivasi semua pengurus yang menahkodai NU agar bisa menuju kebamgkitan baru dengan memiliki sifat Assidqu (jujur keterbukaan tidak bohong dan satu hati satu kata dan satu perbuatan), Al amanah wal wafa’ bil ‘ahdi (sifat dapat dipercaya memegang tanggung jawab setia dan menepati janji dengan dilandasi kepatuhan serta ketaatan kepada Allah dan Rosulnya serta AD/ART.

Lalu juga Al’adalah (bersikap adil proporsional obyektif dan mengutamakan kebenaran), Al Ta’awun (tolong menolong di antara pengurus sesama  gotong royong dalam kebaikan), Al istiqomah (teguh dan konsisten dengan ketentuan Allah dan Rosulnya serta aturan main dan rencana yang telah disepakati).

Selain itu NU Jepara harus betul betul mengoptimalkan tiga lembaga yang ada di NU. Sebab tiga lembaga tersebut sebagai ruh NU yaitu lembaga pendidikan, lembaga kesehatan dan perekonomian.

Lembaga  pendidikan NU yang tersebar di Kabupaten Jepara tidak kurang dari 489 madin, 230 pondok pesantren (berijop), 113 MI, 79 MTs, 45 MA, 33 SMP 30 SMA/SMK dan 5 SD. Semua lembaga tersebut harus dikembangkan SDM-nya agar bisa menciptakan kemaslahatan masyarakat, kemajuan bangsa dan mengangkat harkat serta martabat manusia pada umumnya lewat pendidikan.

Kita harus optimis NU Jepara akan menuju kebangkitan baru. Dan Alhamdulillah pada tahun ini PCNU Jepara akan membangun RSNU di kecamatan Pecangaan sebagai wujud menjemput abad kedua lewat sektor kesehatan.

Mudah-mudahan progam RSNU ini diberikan kemudahan oleh Allah SWT. Semoga cepat terwujud dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat luas. Aamin Aamin Aamin.

*Ketua Forum Komunikasi Pondok Pesantren Kabupaten Jepara

Artikel ini telah dibaca 148 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tujuh Perilaku yang Perlu Diperhatikan Jelang Ramadhan, Nomor 6 Wajib Dilakukan

21 Maret 2023 - 03:59 WIB

Ilustrasi Sambut Ramadhan

“Mandi Besar” Jelang Puasa Ramadhan Hukumnya Wajib? Begini Tuntunan yang Benar

21 Maret 2023 - 03:31 WIB

Ilustrasi mandi wajib

Sambut Ramadhan dengan Bahagia, Annur Mangunan Gelar Jalan Sehat Keliling Desa

16 Maret 2023 - 03:56 WIB

Santri Ponpes Annur, pelajar dan berbagai elemen masyarakat mengikuti jalan sehat yang digelar jelang Ramadhan 1444 H. Kegiatan ini bagian dari mengikuti ajaran agama dan warisan tradisi para ulama agar menyambut Ramadhan dengan sukacita dan bahagia.

Sya’ban;  Tradisi Ruwahan dan Nyadran

15 Maret 2023 - 14:30 WIB

Tradisi nyadran lazim dilakukan oleh umat muslim di Indonesia pada bulan Sya'ban hingga sebelum memasuki bulan suci Ramadhan.

PCINU Jerman Hadiri Haflah Khotmil Qur’an di Ponpes Al Ishlah Al Ishom Mayong

14 Maret 2023 - 15:35 WIB

Gandeng Lazisnu, Baznas Jepara Salurkan Zakat Produktif untuk 20 Warga Miskin

14 Maret 2023 - 08:36 WIB

Trending di Kabar
%d blogger menyukai ini: