Menu

Mode Gelap
Riwayat Pesisir Utara, Pusat Penyebaran Islam di Pulau Jawa Fatayat Batealit Dorong UMKM Naik Kelas Guru: Antara Profesi dan Tuntunan  Halaqah Kebangsaan KUPI II Perkuat Advokasi Ulama Perempuan Bendahara NU Pulodarat Raih Juara Ajang Santripreneur Award 2022

Hujjah Aswaja · 29 Jun 2022 02:10 WIB ·

PCNU – KPU Jepara Bangun Sinergi untuk Pemilu Berkualitas


 PCNU – KPU Jepara Bangun Sinergi untuk Pemilu Berkualitas Perbesar

nujepara.or.id – Jajaran PCNU dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jepara membangun sinergi seiring telah dimulainya tahapan Pemilu 2024 pada pertengahan Juni lalu. Ujung dari sinergi ini diharapkan bermuara pada pelaksanaan hajatan demokrasi lintas tahunan ini yang lebih berkualitas dan bermartabat.

Hal itu mengemuka saat silaturahmi dan dialog demokrasi antara jajaran KPU Jepara dengan PCNU Jepara awal pekan ini. Kegiatan silaturahmi dan dialog demokrasi itu digelar di Gedung NU Jepara, Jalan Pemuda No 51.

Hadir dalam kegiatan itu, Ketua KPU Jepara Subchan Zuhri dan empat komisioner serta jajaran sekretariat. Kunjungan KPU diterima oleh pengurus harian PCNU baik dari unsur Syuriah & Tanfidziyah, Bidang Politik PCNU, perwakilan badan otonom (Banom) dan lembaga terkait.

Ketua Tanfidziyah PCNU Jepara KH  Charis Rohman menegaskan NU akan mendukung KPU sebagai lembaga penyelenggara pemilu. NU memiliki lebih kurang 6.000 masjid dan musala, serta 240 jamaah pengajian di ranting yang tersebar di semua desa dan kelurahan di Jepara. Untuk kegiatan sosialisasi atau ikhtiar untuk literasi berdemokrasi, ruang-ruang itu bisa dioptimalkan.

“KPU tetap fokus pada penyelenggaraan. Soal dukungan, tentu saja akan mengalir, khususnya dari NU karena memilih pemimpin itu sudah jadi kebutuhan umat,” kata Kiai Charis.

“Ada kebutuhan di kalangan nahdliyin, bagaimana proses pemilu ini berjalan baik, melahirkan pemimpin-pemimpin terbaik,” ujarnya.

Dalam silaturahmi dan dialog demokrasi itu kedua lembaga sepakat bersinergi agar penyelenggaraan pemilu lebih berkualitas. Oleh sebab itu mutu demokrasi harus terus ditingkatkan dan dimatangkan.

Sementara itu, Ketua KPU Jepara Subchan Zuhri mengatakan silaturahmi ke PCNU Jepara ini penting karena sebagian besar warga Jepara adalah kalangan nahdliyyin. Dukungan NU sangat luas, di dalamnya ada partisipasi dalam bentuk pendidikan pemilih maupun demokrasi. 

“Pemilu berintegritas perlu adanya pendidikan pemilih untuk mengantisipasi politik uang, politik SARA, berita hoaks yang dapat menganggu keharmonisan masyarakat,” terangnya.

Ia juga menambahkan keterlibatan PC NU Jepara dengan jangkauan sampai ke akar rumput, dapat memberikan imbauan maupun fatwa, khususnya larangan politik uang. Isu politik uang masih terus menjadi tantangan bersama karena bisa merusak proses demokrasi dan membodohi masyarakat.

“Dan menjadi penyebab korupsi serta menghasilkan pemimpin yang tidak berkualitas,” tandas Subchan. (MO)

Artikel ini telah dibaca 77 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Riwayat Pesisir Utara, Pusat Penyebaran Islam di Pulau Jawa

29 November 2022 - 00:16 WIB

Kota Pelabuhan Jepara tahun 1600-an (Sumber KITLV)

PMWC Maarif NU Batealit Juara Umum Pekan Madaris III Jepara

28 November 2022 - 01:14 WIB

Fatayat Batealit Dorong UMKM Naik Kelas

27 November 2022 - 14:11 WIB

Sebanyak 76 pelaku UMKM dari wilayah Kecamatan Bateslit dan sekitarnya mengikuti kegiatan yang digelar PAC Fatayat Batealit, Kamis (24/11/2022)

Guru: Antara Profesi dan Tuntunan 

24 November 2022 - 15:04 WIB

Ilustrasi Hari Guru Nasional. credit @chusnulmubaroq28

Halaqah Kebangsaan KUPI II Perkuat Advokasi Ulama Perempuan

24 November 2022 - 14:35 WIB

Penyelenggara KUPI II menggelar konferensi pers, Kamis (24/11/2022). KUPI II digelar di Ponpes Hasyim Asy'ari, Desa Bangsri, Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara. (Dok. Panitia KUPI II).

Resmi Dibuka PJ Bupati Jepara, Bazar KUPI II Libatkan Ratusan UMKM

23 November 2022 - 07:44 WIB

Trending di Hujjah Aswaja
%d blogger menyukai ini: