Menu

Mode Gelap
Iedul Fitri dan Hari Anti-Kelaparan Sedunia Syarat “Ngaji” di Mbah Google dan Internet Kuatkan UMKM, Ansor Jalin Kerjasama Dengan BNI Jepara NU Jepara Dukung Progam 1 Juta Vaksin Booster Suluk Mantingan : Membangun Relasi Agama, Seni dan Budaya

Kabar · 11 Jan 2020 08:59 WIB ·

Peduli Bencana, NU Jepara Buka Pos Siaga Bencana


 Peduli Bencana, NU Jepara Buka Pos Siaga Bencana Perbesar

LPBINU melakukan audiensi bersama Sekda Jepara.

nujepara.or.id – Sebagai bentuk kepedulian PCNU Jepara terhadap bencana yang terjadi pihaknya membuka Pos Siaga Bencana NU Peduli tahun 2020. Pos Siaga Bencana resmi dibuka mulai 5 Januari sampai akhir Februari mendatang. Adapun basecamp pos siaga berada di Gedung NU Jepara, Jalan Pemuda No. 51 Jepara.

Komandan Pos Siaga Bencana, Asyhadi mengatakan meski baru 5 hari berjalan pihaknya sudah terlibat membantu penanganan bencana di Jepara di antaranya pohon tumbang akibat angin, rumah roboh dll.

Ditanya tentang mitra Pos Siaga Bencana, Asyhadi yang juga Ketua LPBINU Jepara ini menjelaskan secara internal program sinergi antara PCNU bersama Banom dan Lembaga NU yang terkait seperti LPBINU, LP Ma’arif NU, Lazisnu dan lainnya.

“Untuk eksternal kita bermitra dengan BPBD Kabupaten Jepara yang memiliki tugas dan fungsi penanggulangan bencana di Jepara,” imbuhnya.

Dia menambahkan apabila tiba-tiba terjadi musibah pihaknya mengemukakan karena NU memiliki struktural sampai di tingkat Ranting maka komunikasi awal ada di tingkat Ranting untuk melakukan assesment. “Selanjutnya jika dibutuhkan bantuan yang lebih besar maka bisa menghubungi komandan pos siaga bencana,” terangnya.

Ketua PCNU Jepara, KH Hayatun Abdullah Hadziq menyatakan program ini merupakan bentuk kepedulian PCNU kepada warga masyarakat khususnya warga nahdliyin.

“Ketika terjadi bencana yang terdampak adalah warga kita juga. Selain itu, juga untuk mengkoordinasikan antar Banom dan Lembaga NU supaya tidak bergerak sendiri-sendiri. Semuanya satu komando untuk kemanusiaan,” tandasnya.

Kiai yang akrab disapa Mbah Yatun juga menambahkan dengan program tersebut harapannya semua bisa bersinergi secara internal dan sinergi dengan pemerintah mulai dari tingkat desa sampai dengan kabupaten dan stake holder terkait sehingga masyarakat yang terdampak bencana mendapatkan perhatian.

Terpisah, Jum’at (10/1) LPBINU Jepara mewakili PCNU melakukan audiensi dengan Sekda Jepara didampingi Kalakhar BPBD dan FPRB Jepara.

Audiensi dilaksanakan terkait Pos Siaga Bencana tahun 2020 PCNU Jepara.

Sekda Jepara, Edy Sujatmiko mengapresiasi pos siaga bencana PCNU. “Ini merupakan sinergi antara pemerintah dengan stakeholder yang ada berjalan dengan baik untuk menghadapi semua kemungkinan terkait bencana yang ada di Jepara,” pungkasnya. (ip)

Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Dukungan Ratu Kalinyamat Pahlawan Nasional Mengalir Dari KRI Dewaruci

12 Agustus 2022 - 06:41 WIB

UNISNU Harlah ke-31, Berdzikir bersama Al Khidmah dan Hadirkan KH. Marzuki Mustamar

10 Agustus 2022 - 06:48 WIB

Muharram, Masjid Baitul Muttaqin Bulungan Santuni 20 Yatim Piatu

8 Agustus 2022 - 05:53 WIB

Harlah Unisnu Ke-31: Candradimuka Pemimpin Masa Depan Jepara

7 Agustus 2022 - 03:33 WIB

Ketua PBNU : Jangan Kiaikan Dukun, Kita Harus Selektif

4 Agustus 2022 - 02:37 WIB

Ilustrasi praktik perdukunan (@dukunsantet)

PCNU Jepara Lantik PRNU Guyangan II

2 Agustus 2022 - 05:28 WIB

Trending di Kabar
%d blogger menyukai ini: