Menu

Mode Gelap
KH Ma’mun Adullah Hadziq Didorong Masuk Dewan Pembina RSI Sultan Hadlirin Wisuda UNISNU, Pesan Rais Aam PBNU : “Masa Depan NU Ada Di tangan Kalian” Riwayat Pesisir Utara, Pusat Penyebaran Islam di Pulau Jawa Fatayat Batealit Dorong UMKM Naik Kelas Guru: Antara Profesi dan Tuntunan 

Ansor · 26 Apr 2022 02:45 WIB ·

Pentingnya Derajat Muttaqin dalam Berorganisasi


 Pentingnya Derajat Muttaqin dalam Berorganisasi Perbesar

nujepara.or.id- Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Batealit pada Ahad Malam (24/4) kemarin, laksanan khotmil Qur’an sekaligus memperingati hari lahir GP Ansor ke 88. Sebelumnya tiap anggota membaca Al-Qur’an per-juz di tempat masing-masing yang dikordinir melalui grup watsap, baru kemudian dikhatami pada acara tesebut.  

Drs.Said, Ketua MWC Batealit dalam sambutannya mengatakan, menginjak usia yang ke-88 GP Ansor telah banyak menelurkan kader-kader muda yang handal dan energik, baik dari tingkat nasional, tingkat wilayah, hingga tingkat ranting.

“Harapannya tentu kader-kader tersebut mampu mewarnai, mampu memberikan dampak positif bagi nahdiyin dan masyarakat pada umumnya,” urainya.

Lebih lanjut Ketua MWC Kecamatan Batealit periode 2022-2027 berpesan agar memanfaatan momen puasa di bulan Ramadhan ini dengan lebih maksimal supaya bisa mendapat derajat mutaqin.

“Derajat Muttaqin sangat penting dalam berorganisasi. Apabil seorang yang alim atau seorang organisatoris tapi tidak mempunyai ketaqwaan, maka apa yang dinasihatkannya akan tertutup sebagaimana tetesan air hujan yg menetes di atas telur dan batu besar,” Urainya.

Jadi, lanjutnya, bila seorang guru atau orang alim menasehati muridnya atau orang-orang di sekelilingnya tanpa adanya ketaqwaan, maka nasihat tersebut tidak akan masuk dan tidak berdampak di dalam hatinya.

“Maka syarat mutlak untuk mencerdaskan generasi muda adalah ketakwaan,” tegasnya.

Dalam sambutannya, Pak Said juga berpesan, selain bertaqwa para kader juga dituntut untuk cerdas.

Lalu siapa itu kader yang cerdas?

Yang dimaksud kader cerdas adalah kader yang mampu memahami zamannya. “Jadi bila ini eranya teknologi, kader juga harus paham dengan teknologi,”urainya.

Tidak cukup hanya paham zaman, kader yang cerdas juga harus mampu menatap masa depan.

“Dalam arti, para kader juga harus mempunyai persiapan yang matang, visi yang bagus dan planning yang tepat untuk menatap masa mendatang,” jelasnya.

Dan pada akhirnya, kecerdasan tersebut adalah untuk mengetahui Rab-nya.

“Kecerdasan yang dimiliki tidak utuk menjadi bangga-banggaan, tetapi kecerdasan tersebt sebagai alat agar lebih bermanfaat kepada umat dan lebih mengenal kebesaran Tuhannya,” pungkasnya.

Andre Gunawan, Ketua PAC GP Ansor Batealit, dalam acara yang dilaksanakan di Gedung MWC tersebut mengatakan, dengan khotmil Qur’an dan peringatan Harlah GP Ansor yang ke-88 ini semoga menjadi berkah tersendiri bagi PAC GP Ansor Kecamatan Batealit, terutama dilancarkan dalam melaksanakan program kerja kedepannya.

“InsyaAllah, Majlis Dzikir dan Sholawat akan Kembali berlangsung seperti tahun-tahun sebelumnya, yakni idaroh ke ranting-ranting.  Idaroh insyaAllah akan dimulai di Ranting Geneng pada akhir bulan Syawwal sekaligus di sana aka ada pengukuhan pengurus MDS Rijalul Ansor dan Banser,” Paparnya.

Kegiatan yang dimulai pukul 20.00 Wib itu baru selesai pada pukul 23.00 Wib. Ditutup dengan do’a dan dilanjutkan dengan makan bersama. (Arif W/Qih)

Artikel ini telah dibaca 33 kali

Baca Lainnya

YPM NU Jepara Berhasil Borong Tropy dalam Ajang Festival Aswaja Tingkat Provinsi

5 Desember 2022 - 12:02 WIB

Peduli Cianjur, Pengurus Ranting NU Tahunan Galang Dana untuk Korban Gempa

4 Desember 2022 - 11:53 WIB

Rakernas Lesbumi NU Ke-V, Ketum PBNU: Mari Membangun Narasi sebagai Strategi

3 Desember 2022 - 03:33 WIB

KH Ma’mun Adullah Hadziq Didorong Masuk Dewan Pembina RSI Sultan Hadlirin

1 Desember 2022 - 04:27 WIB

Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta (baju putih) berbincang dengan salah seorang pasien yang berobat di RSI Sultan Hadlirin, Rabu (30/11/2022).

Wisuda UNISNU, Pesan Rais Aam PBNU : “Masa Depan NU Ada Di tangan Kalian”

30 November 2022 - 03:08 WIB

Riwayat Pesisir Utara, Pusat Penyebaran Islam di Pulau Jawa

29 November 2022 - 00:16 WIB

Kota Pelabuhan Jepara tahun 1600-an (Sumber KITLV)
Trending di Islam Nusantara
%d blogger menyukai ini: