Menu

Mode Gelap
Manaqiban Syekh Abdul Qodir Al Jailani Awali Pembangunan RSNU Jepara Peringati Satu Abad NU, Warga Sukosono Gelar Lomba Durian Jawara Kesambet KKN UNISNU Diterjunkan, Rektor : “Berdayakan Warga Nahdliyin” PRNU Demangan Gaspoll, Terkumpul Wakaf Tanah RSNU Jepara 20 Meter Persegi

Kabar · 2 Jul 2020 00:29 WIB ·

Sayembara Menulis, Sarana Dakwah dan Mengembangkan Budaya Literasi


 Sayembara Menulis, Sarana Dakwah dan Mengembangkan Budaya Literasi Perbesar

nujepara.or.id – Akhir ramadhan lalu Pengurus Ranting IPNU-IPPNU Demangan melaksanakan kegiatan Pesantren Literasi dengan tema “Membangun Budaya Literasi Sebagai Media Dakwah“ dengan pemateri Misbahul Ulum, S.Sos pegiat literasi, dan pemateri Ahmad Subchan, S.S, M.Hum Dosen STIBI Syekh Jangkung Pati.

Sebagai tindak lanjut dari kegiatan tersebut dilanjutkan dengan Sayembara Memulis dengan pilihan tema Meneladani Akhlaq Rasulullah SAW dengan ber-IPNU-IPPNU, Kreatif di tengah Covid-19, dan Memajukan Desa dengan Jalur Pendidikan.

Sayembara dimulai sejak 21 Mei – 21 Juni untuk pengiriman naskah, dan pengumaman pemenang pada 28 Juni 2020 di Facebook IPNU-IPPNU Ranting Demangan.

Adapun target peserta adalah anggota IPNU-IPPNU Ranting Demangan dan sekitar desa yang telah mengikuti acara Pesantren Literasi.

Ketua IPNU Rantingan Demangan, Muhammad Fajar Setiawan mengatakan kegiatan bertujuan untuk mencari bibit-bibit unggul kader kreatif dalam bidang menulis dan untuk menghidupkan budaya menulis dan membaca khususnya di wilayah Kabupaten Jepara yang semakin terkikis.

“Padahal di Jepara ada seorang pahlawan pendidikan Raden Ajeng Kartini yang sumbangsihnya sangat banyak untuk negeri ini terutama untuk pendidikan dan kaum wanita,” kata Fajar yang juga mahasiswa Unisnu Jepara ini.

Pihaknya berharap kegiatan bisa menjadi inspirasi IPNU-IPNU se-Jepara untuk mengembangkan budaya literasi sebagai sarana dakwah yang efektif, dan mampu menjadi generasi yang bertaqwa memperjuangkan ahlus sunnah wal jama’ah an-nahdliyah di masyarakat secara langsung atau lewat media sosial.

“InsyaAllah kegiatan ini akan kami agendakan setiap tahun sebagai sarana pengkaderan, pendidikan juga dawkah sebagai benteng ahlus sunnah wal jama’ah an nahdhiyah,” pungkasnya.

Adapun pemenang sayembara menulis secara berurutan juara 1 diraih Shifa Sabila Rusda dengan judul “Memajukan Desa dengan Jalur Pendidikan”. Juara kedua atas nama Zulia Rohman dengan judul “Dari Hal Itu Aku Tahu” dan juara 3 Anik Irdayanti dengan judul “Memilih Tetap Diam atau Maju dan Meroket”. (ip)

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Manaqiban Syekh Abdul Qodir Al Jailani Awali Pembangunan RSNU Jepara

24 Januari 2023 - 13:23 WIB

Rais Syuriyah PCNU Jepara KH Khayatun Abdullah Hadziq menyerahkan potongan tumpeng kepada Mustasyar KH Makmun saat kegiatan tasyakuran pembelian tanah RSNU Jepara di Desa Troso Kecamatan Pecangaan, Selasa (24/1/2023) sore.

Peringati Satu Abad NU, Warga Sukosono Gelar Lomba Durian Jawara

23 Januari 2023 - 01:58 WIB

Sebanyak 50 Anak Yatim Mendapat Santunan dari Muslimat NU Petekeyan

20 Januari 2023 - 14:27 WIB

Kesambet

19 Januari 2023 - 08:46 WIB

KKN UNISNU Diterjunkan, Rektor : “Berdayakan Warga Nahdliyin”

19 Januari 2023 - 07:09 WIB

PRNU Teluk Awur Antusias Penggalangan Dana untuk RSNU Jepara

19 Januari 2023 - 06:01 WIB

Trending di Kabar
%d blogger menyukai ini: