Menu

Mode Gelap
Iedul Fitri dan Hari Anti-Kelaparan Sedunia Syarat “Ngaji” di Mbah Google dan Internet Kuatkan UMKM, Ansor Jalin Kerjasama Dengan BNI Jepara NU Jepara Dukung Progam 1 Juta Vaksin Booster Suluk Mantingan : Membangun Relasi Agama, Seni dan Budaya

Hujjah Aswaja · 31 Jul 2022 03:00 WIB ·

Semai Kader Falak, Lembaga Falakiyah Gelar Pelatihan di Kedung


 Semai Kader Falak, Lembaga Falakiyah Gelar Pelatihan di Kedung Perbesar

nujepara.or.id – Lembaga Falakiyah NU Jepara menggelar pelatihan Ilmu Falak di  MA Safinatul Huda Sowan Kidul Kedung, Jepara, Sabtu (30/7). Selain untuk menyemarakkan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 H, kegiatan ini juga untuk menyemai bibit unggul kader-kader NU yang menguasai ilmu Falak di wilayah yang berbatasan dengan Kabupaten Demak ini.

Pelatihan Ilmu Falak yang digelar Lembaga Falakiyah PCNu Jepara bekerjasama dengan MWC Kedung.

Pelatihan Ilmu Falak ini digelar bekerjasama dengan MWC NU Kedung. Peserta pelatihan ini beragam. Mulai dari pengurus ranting NU dan pelajar Madrasah Aliyah (MA) se-Kecamatan Kedung, hingga alumni prodi Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah dan Hukum Unisnu Jepara.

“Semoga kegiatan ini tak hanya menjaring namun juga bisa melahirkan sumber daya manusia andal bidang Ilmu Falak di Kecamatan Kedung,” kata Ketua Pengurus Lembaga Falakiyah PCNU Jepara, Hudi, S.H.I., M.S.I. 

Materi pelatihan ini veragam. Peserta tak hanya diajari teori namun juga langsung praktik di lapangan. Mulai dari menentukan arah kiblat menggunakan google earth, cara menggunakan aplikasi peta arah kiblat di gadget berbasis android hingga memaksimalkan bayangan matahari.

Kegiatan pelatihan kian gayeng saat sesi tanya jawab. Beragam pertanyaan dikemukakan para peserta. Mulai dari  perbedaan awal ramadan, hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. Termasuk mengapa ada perbedaan waktu hari raya umat Islam itu antara di Indonesia dengan Saudi Arabia.

“Pertanyaan ini mungkin juga mewakili yang ditanyakan banyak orang. Pertanyaan itu bisa dijawab dengan pendekatan Ilmu Falak,” tutur Hudi yang juga Wakil Dekan Fakultas Syariah dan Hukum Unisnu Jepara ini.

Artikel ini telah dibaca 106 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Memakna Budaya Merdeka

14 Agustus 2022 - 03:20 WIB

Perkemahan Satu Hari : 
Kecerahan Anak Yang Mulai “Bangkit”

14 Agustus 2022 - 02:02 WIB

Wadahi Para Penghafal Alquran, Ini Sinergi Lazisnu dan JQH 

12 Agustus 2022 - 07:16 WIB

Dukungan Ratu Kalinyamat Pahlawan Nasional Mengalir Dari KRI Dewaruci

12 Agustus 2022 - 06:41 WIB

UNISNU Harlah ke-31, Berdzikir bersama Al Khidmah dan Hadirkan KH. Marzuki Mustamar

10 Agustus 2022 - 06:48 WIB

Sembilan Nilai Warisan Gus Dur, Apa Saja?  

9 Agustus 2022 - 01:37 WIB

Trending di Hujjah Aswaja
%d blogger menyukai ini: