Menu

Mode Gelap
Ngaji Burdah Syarah Mbah Sholeh Darat (25) NU Peduli Bersama Kemenag Jepara Salurkan Bantuan Bagi Warga Dorang Belajar Dari Geomorfologi “Banjir” Eks Selat Muria, Mau Diapakan? Mbah Dimyathi: Jadi Wali Itu Mudah, Ngaji Lebih Sulit!! Ngaji Burdah syarah Mbah Sholeh Darat  ( 2 )

Hujjah Aswaja · 31 Jul 2022 03:00 WIB ·

Semai Kader Falak, Lembaga Falakiyah Gelar Pelatihan di Kedung


 Semai Kader Falak, Lembaga Falakiyah Gelar Pelatihan di Kedung Perbesar

nujepara.or.id – Lembaga Falakiyah NU Jepara menggelar pelatihan Ilmu Falak di  MA Safinatul Huda Sowan Kidul Kedung, Jepara, Sabtu (30/7). Selain untuk menyemarakkan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 H, kegiatan ini juga untuk menyemai bibit unggul kader-kader NU yang menguasai ilmu Falak di wilayah yang berbatasan dengan Kabupaten Demak ini.

Pelatihan Ilmu Falak yang digelar Lembaga Falakiyah PCNu Jepara bekerjasama dengan MWC Kedung.

Pelatihan Ilmu Falak ini digelar bekerjasama dengan MWC NU Kedung. Peserta pelatihan ini beragam. Mulai dari pengurus ranting NU dan pelajar Madrasah Aliyah (MA) se-Kecamatan Kedung, hingga alumni prodi Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah dan Hukum Unisnu Jepara.

“Semoga kegiatan ini tak hanya menjaring namun juga bisa melahirkan sumber daya manusia andal bidang Ilmu Falak di Kecamatan Kedung,” kata Ketua Pengurus Lembaga Falakiyah PCNU Jepara, Hudi, S.H.I., M.S.I. 

Materi pelatihan ini veragam. Peserta tak hanya diajari teori namun juga langsung praktik di lapangan. Mulai dari menentukan arah kiblat menggunakan google earth, cara menggunakan aplikasi peta arah kiblat di gadget berbasis android hingga memaksimalkan bayangan matahari.

Kegiatan pelatihan kian gayeng saat sesi tanya jawab. Beragam pertanyaan dikemukakan para peserta. Mulai dari  perbedaan awal ramadan, hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. Termasuk mengapa ada perbedaan waktu hari raya umat Islam itu antara di Indonesia dengan Saudi Arabia.

“Pertanyaan ini mungkin juga mewakili yang ditanyakan banyak orang. Pertanyaan itu bisa dijawab dengan pendekatan Ilmu Falak,” tutur Hudi yang juga Wakil Dekan Fakultas Syariah dan Hukum Unisnu Jepara ini.

Artikel ini telah dibaca 356 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Filosofi Makna Budaya Kupat dan Lepet dalam Perayaan Idulfitri

9 April 2024 - 05:48 WIB

Rebutan kupat lepet saat pesta lomban

Ngaji Burdah Syarah Mbah Sholeh Darat (29)

9 April 2024 - 05:03 WIB

Kiai Hisyam Zamroni (Wakil Ketua PCNU Jepara), Ngaji Burdah Syarah Mbah Sholeh Darat.

Ngaji Burdah Syarah Mbah Sholeh Darat (28)

9 April 2024 - 04:54 WIB

Ruh manusia ilustrasi

Ngaji Burdah Syarah Mbah Sholeh Darat (28)

8 April 2024 - 03:45 WIB

Kiai Hisyam Zamroni (Wakil Ketua PCNU Jepara), Ngaji Burdah Syarah Mbah Sholeh Darat.

Ngaji Burdah Syarah Mbah Sholeh Darat (27)

7 April 2024 - 05:19 WIB

Mbah Soleh Darat

Ngaji Burdah Syarah Mbah Sholeh Darat (26)

6 April 2024 - 05:19 WIB

Ilustrasi gambar burdah
Trending di Hujjah Aswaja