Menu

Mode Gelap
Iedul Fitri dan Hari Anti-Kelaparan Sedunia Syarat “Ngaji” di Mbah Google dan Internet Kuatkan UMKM, Ansor Jalin Kerjasama Dengan BNI Jepara NU Jepara Dukung Progam 1 Juta Vaksin Booster Suluk Mantingan : Membangun Relasi Agama, Seni dan Budaya

Gender dan Anak · 17 Sep 2022 04:37 WIB ·

Sinergi Fatayat NU – Pemkab Jepara Dorong Sektor Ekonomi Kreatif di Karimunjawa 


 Sinergi Fatayat NU – Pemkab Jepara Dorong Sektor Ekonomi Kreatif di Karimunjawa  Perbesar

nujepara.or.id – Jajaran PC Fatayat NU Jepara bersinergi dengan Pemkab Jepara dalam program pemberdayaan perempuan dan sekaligus perekonomian di Kepulauan Karimunjawa. Lewat upaya itu pula diharapkan sektor ekonomi kreatif di wilayah kepulauan yang menjadi salah satu destinasi wisata andalan Jawa Tengah ini kian menggeliat.

Sinergi antara Fatayat dan Pemkab Jepara terwujud melalui kegiatan pelatihan Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM) program membatik dari bidang PAUD dan Pendidikan Non Formal (PNF) Disdikpora Kabupaten Jepara yang digelar Jum’at (16/9/2022).

Kegiatan yang diikuti 20 anggota fatayat NU Ranting Karimunjawa di TPQ Syekh Amir Hasan ini dibuka langsung oleh Kabid PAUD dan PNF Disdikpora Jepara Dra Hj. Utim Shohijatsih, M.H. Ketua PAC Fatayat NU Karimunjawa, sahabat Anik Ermawati Hafhidhoh juga hadir dan bahkan menjadi salah satu peserta pelatihan ini.

“Kegiatan ini harus berkesinambungan. Harapannya nanti bisa menumbuhkan 100 kader pembatik yang akan semakin menguatkan ikon kearifan lokal Karimunjawa,” kata Hj. Utim Shohijatsih.

Kegiatan pelatihan Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM) program membatik ini mestinya dilaksanakan pada akhir Agustus 2022. Namun karena saat itu cuaca buruk kerap terjadi di Laut Jawa khususnya Perairan Karimunjawa akhirnya kegiatan sinergi Fatayat NU – Disdikpora Jepara ini ditunda. Dan baru bisa dihelat pada akhir pekan ini.

Ketua PC Fatayat NU Kabupaten Jepara Hj. Nanik, M. Pd mengapresiasi kegiatan pelatihan KUM progam membatik ini. Sebab kegiatan ini berdampak positif untuk peningkatan kualitas SDM anggota Fatayat di Karimunjawa. Ruang berkarya dan berkreasi anggota Fatayat juga kian terbuka lebar lewat pelatihan membatik ini. 

Bahkan tak hanya diajari teori, peserta pelatihan juga diberi alat-alat membatik secara cuma-cuma. Berbagai alat itu juga dikemas dengan apik oleh Kepala Seksi Pendidikan Non Formal Ahmad Husni Mubarok, S. Psi., M. Acc dan jajarannya.

“Semoga setelah pelatihan ini, para peserta bisa berkarya, berkreasi dan mampu mengembangkan inovasinya dalam bidang membatik. Ini bermanfaat sebagai ladang  pembantu ekonomi keluarga mereka dan juga sektor ekonomi kreatif di Karimunjawa,” tandasnya.

Artikel ini telah dibaca 104 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Selamat Jalan GURUKU, Syeikh Dr Yusuf Qardawi

28 September 2022 - 07:20 WIB

IPNU – IPPNU Gelar Festival Budaya dan Literasi Pelajar, Ini Kegiatannya

27 September 2022 - 23:44 WIB

Perayaan Maulid Nabi itu Ekspresi Cinta !! 

27 September 2022 - 14:42 WIB

Lomba Tulis HSN “Bangga Meneladani Kiai Jepara” Berhadiah Jutaan Rupiah, Simak Caranya

27 September 2022 - 08:45 WIB

NU, Muhammadiyah dan MUI Haramkan Capit Boneka, Ini Alasannya

27 September 2022 - 04:36 WIB

Bagaimana Hukum Memilih Eks Koruptor dan Anggota Ormas Terlarang Saat Pemilu? Ini Hasil Bahtsul Masailnya

23 September 2022 - 11:50 WIB

credit foto : @ayamgebukkoruptor
Trending di Bahtsul Masail
%d blogger menyukai ini: