Menu

Mode Gelap
Membumikan Tasawuf, Jatman Idaroh Ghusniyah Kecamatan Tahunan Gelar Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah UNISNU Jepara Luluskan 425 Wisudawan, Rektor Tekankan Intelektualitas dan Akhlaqul Karimah Lantik IPNU-IPPNU Ranting Banjaragung, Ketua MWC NU Bangsri: Fokus Kaderisasi Sejarah NU dan Klaim Para Habaib Kepala Kemenag Jepara hingga Turis dari Kenya Kagumi Stand Gelar Karya Siswa MTs Sadamiyyah, Ini Alasannya

Kabar · 18 Feb 2020 09:19 WIB ·

Studi Banding, Lakpesdam NU Demak Siap Adopsi Program Lakpesdam NU Jepara


 Studi Banding, Lakpesdam NU Demak Siap Adopsi Program Lakpesdam NU Jepara Perbesar

Foto bersama Lakpesdam Jepara dan Lakpesdam Demak di Gedung NU Jepara. (Foto: NU Jepara)

nujepara.or.id – Lakpesdam PCNU Demak melaksanakan studi banding ke Lakpesdam PCNU Jepara berlangsung di Gedung NU Jepara, Jalan Pemuda No.51, Ahad (16/2) kemarin.

Rombongan Lakpesdam Demak yang berjumlah 7 orang dipimpin Ketua H. Wahiburrahman dan didampingi Wakil Ketua PCNU Demak, Abdurrahman Kasdi. Sementara dari Lakpesdam PCNU Jepara, hadir Ketua, K. Ahmad Sahil beserta jajaran pengurus.

Ketua Lakpesdam PCNU, K. Ahmad Sahil mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kunjungan Lakpesdam Demak ke Jepara.

Dikatakannya Lakpesdam Jepara memang menjadi lembaga yang berjalan dengan baik sejak periode-periode sebelumnya.

“Jadi pengurus sekarang punya tanggung jawab yang besar untuk terus menjadikan lembaga tetap eksis,” katanya.

Dikemukakan Gus Sahil, sapaan akrabnya kerja-kerja Lakpesdam meliputi bidang kajian, capacity building (peningkatan SDM), dan advokasi kebijakan publik.

“Program-program lembaga dirancang tiap akhir tahun melalui strategic planning (SP) dengan melibatkan masukan dari stake holder Lakpesdam berkaitan dengan isu yang sedang berkembang di daerah dan kekuatan pengurus,” beber Gus Sahil.

Masih dipaparkannya beberapa basis baru yang muncul di kepengurusannya di antaranya terbentuknya FKUB Kembang, kader-kader muda Lakpesdam di Desa Dermolo dan Balong, dan penguatan kelompok perempuan Cahaya Mandiri Desa Dermolo.

Putra KH Miftah Abu menambahkan adapun advokasi yang pernah dilaksanakan misalnya permasalahan limbah pabrik tekstil yang mencemari Sungai Karangrandu, mengawal Perda Disabilitas bersama elemen lain yang peduli.

“Juga advokasi anggaran daerah serta berjejaring dengan Komnas HAM menyisir permasalahan HAM di Jepara,” ungkap kiai muda Jepara ini.

Sementara itu, Ketua Lakpesdam PCNU Demak Wahiburrahman mengungkapkan pihaknya sudah merancang beberapa program seperti Bedah Buku Menjerat Gus Dur bulan Februari ini.

Di samping itu Lakpesdam Demak akan mengadopsi program-program Lakpesdam Jepara yang bisa dijalankan di Demak terutama yang bersentuhan langsung dengan masyarakat basis seperti advokasi, prona, dan lain-lain.

“Ke depan kami berharap ada program yang bisa dikerjasamakan antara Lakpesdam Jepara dan Demak,” pungkasnya. (ip)

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Membumikan Tasawuf, Jatman Idaroh Ghusniyah Kecamatan Tahunan Gelar Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah

17 Juni 2024 - 08:56 WIB

Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah yang digelar di pondok pesantren An Nur Mangunan, Sabtu (15/6/2024) dihadiri sejumlah Pengurus MWC NU Tahunan, Rois Syuriyah Ranting, dan ratusan santri.

UNISNU Jepara Luluskan 425 Wisudawan, Rektor Tekankan Intelektualitas dan Akhlaqul Karimah

1 Juni 2024 - 20:48 WIB

Lantik IPNU-IPPNU Ranting Banjaragung, Ketua MWC NU Bangsri: Fokus Kaderisasi

1 Juni 2024 - 09:55 WIB

Pengurus IPNU IPPNU Ranting Desa Banjargung periode 2024 - 2026 dilantik, Jumat (31/5/2024). Para pengurus yang baru diinstruksikan fokus kaderisasi para pelajar yang diproyeksikan menjadi generasi masa depan andalan Nahdlatul Ulama.

Sejarah NU dan Klaim Para Habaib

31 Mei 2024 - 14:26 WIB

Tanamkan Cinta Lingkungan Sejak Dini, SDIU Fadlun Nafis Ajak Anak Didik Tanam Mangrove di Pantai Kropak Bondo

25 Mei 2024 - 11:40 WIB

Pelajar SDIU Fadlun Nafis Bangsri Jepara menanam mangrove di Pantai Kropak Bondo.

Kepala Kemenag Jepara hingga Turis dari Kenya Kagumi Stand Gelar Karya Siswa MTs Sadamiyyah, Ini Alasannya

25 Mei 2024 - 11:30 WIB

Kepala Kemenag Jepara, Ketua LP Ma'arif NU Jepara dan lainnya foto bersama di depan stand karya pelajar MTs Sadamiyyah di Alun-alun Jepara.
Trending di Kabar