Menu

Mode Gelap
KH Ma’mun Adullah Hadziq Didorong Masuk Dewan Pembina RSI Sultan Hadlirin Wisuda UNISNU, Pesan Rais Aam PBNU : “Masa Depan NU Ada Di tangan Kalian” Riwayat Pesisir Utara, Pusat Penyebaran Islam di Pulau Jawa Fatayat Batealit Dorong UMKM Naik Kelas Guru: Antara Profesi dan Tuntunan 

Kabar · 7 Mei 2018 03:16 WIB ·

Syaikh Yahya dari Madinah Sampaikan Kuliah Umum Di Unisnu Jepara


 Syaikh Yahya dari Madinah Sampaikan Kuliah Umum Di Unisnu Jepara Perbesar

JEPARA-Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara menyelenggarakan Kuliah Umum Internasional bersama Syaikh Dr. Yahya bin Abdurrazak Ghotani, MA. dari Madinah, Arab Saudi, Jumat (4/5/2018). Bertempat di gedung MWC NU Tahunan yang berada di komplek kampus Unisnu Jepara, Kuliah Umum mengambil tema “Tajwid dan Asrarnya dalam Memahami Makna Al Qur’an”.
Syaikh Dr Yahya bin Abdurrazak Ghotani MA merupakan salah seorang ulama dalam spesialisasi Al Qur’an, Tajwid dan Qira’at, serta berbagai disiplin keilmuan Islam lainnya. Beliau juga merupakan seorang trainer dalam hipnoterapi yang berusaha untuk memadukan penyampaian ilmu-ilmu klasik dengan metode modern.
Sebanyak 500 peserta, terdiri dari mahasiswa dan perwakilan pondok pesantren di Jepara berpartisipasi dalam Kuliah Umum ini. Turut hadir PCNU Jepara, Rektor Unisnu Jepara Dr Sa’dullah Assaidi, M Ag, para pejabat struktural, dosen dan karyawan Unisnu Jepara.
Dalam Sambutannya, Rektor Unisnu Jepara merasa terhormat karena mempunyai kesempatan untuk menghadirkan salah satu ulama dalam spesialisasi Al qur’an dan tajwid. “Ini merupakan kesempatan yang berharga bagi kita untuk bisa mengambil pelajaran tentang Tajwid dan Alqur’an, semoga kita semua bisa memanfaatkan kuliah umum ini dengan sebaik-baiknya” ujarnya. Sa’dullah Assaidi juga menambahkan bahwa hadirnya Syaikh Yahya ke Unisnu Jepara adalah ikhtiyar untuk ­tabarruk dan menjaga tradisi ahlussunnah wal jama’ah dalam memperoleh ilmu dari guru yang terjaga sanad keilmuannya.
Syaikh Yahya dalam kuliahnya mengungkapkan bahwa langkah pertama untuk menjiwai al Qur’an adalah dengan rutin membaca dan mendengarkan bacaan al Qur’an dengan baik dan tartil. “Nikmati bacaan tersebut, hingga kalian akan menemukan kenikmatan”, ujar Syaikh Yahya yang sekarang ini sedang mengembangkan metode kreatif dalam menghapal al Qur’an. Syaikh Yahya juga memberikan hadiah istimewa kepada peserta berupa ijazah sanad dua hadits yang diberikan sebelum dan sesudah kuliah umum.
Setelah Kuliah Umum, Syaikh Yahya didaulat menjadi imam shalat Jumat di Masjid Ar Robbaniyyin, kampus Unisnu Jepara. Selepas shalat Jum’at, acara dilanjutkan dengan pembacaan dan penyampaian ijazah sanad kitab al Arba’un al Buldaniyah karya Syaikh Muhammad Yasin bin Isa Al-Faldani.
Kuliah Umum bersama tokoh internasional telah menjadi kegiatan rutin dan akan terus diselenggarakan oleh Unisnu Jepara. Sebelumnya, pada tanggal 30 Maret 2018 juga telah dilaksanakan kuliah umum dengan menghadirkan Prof Hayashi Takehiro D.Sc., salah satu profesor Hijiyama University, Jepang, di bidang pendidikan ilmu kebumian.[dm]

Artikel ini telah dibaca 12 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Rakernas Lesbumi NU Ke-V, Ketum PBNU: Mari Membangun Narasi sebagai Strategi

3 Desember 2022 - 03:33 WIB

KH Ma’mun Adullah Hadziq Didorong Masuk Dewan Pembina RSI Sultan Hadlirin

1 Desember 2022 - 04:27 WIB

Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta (baju putih) berbincang dengan salah seorang pasien yang berobat di RSI Sultan Hadlirin, Rabu (30/11/2022).

Wisuda UNISNU, Pesan Rais Aam PBNU : “Masa Depan NU Ada Di tangan Kalian”

30 November 2022 - 03:08 WIB

Riwayat Pesisir Utara, Pusat Penyebaran Islam di Pulau Jawa

29 November 2022 - 00:16 WIB

Kota Pelabuhan Jepara tahun 1600-an (Sumber KITLV)

PMWC Maarif NU Batealit Juara Umum Pekan Madaris III Jepara

28 November 2022 - 01:14 WIB

Fatayat Batealit Dorong UMKM Naik Kelas

27 November 2022 - 14:11 WIB

Sebanyak 76 pelaku UMKM dari wilayah Kecamatan Bateslit dan sekitarnya mengikuti kegiatan yang digelar PAC Fatayat Batealit, Kamis (24/11/2022)
Trending di Hujjah Aswaja
%d blogger menyukai ini: