Menu

Mode Gelap
Majlis “kopi” an-Nahdhoh Balekambang Salurkan Ribuan Paket Daging Kurban untuk Warga Jepara dan Kudus Membumikan Tasawuf, Jatman Idaroh Ghusniyah Kecamatan Tahunan Gelar Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah UNISNU Jepara Luluskan 425 Wisudawan, Rektor Tekankan Intelektualitas dan Akhlaqul Karimah Lantik IPNU-IPPNU Ranting Banjaragung, Ketua MWC NU Bangsri: Fokus Kaderisasi Sejarah NU dan Klaim Para Habaib

Kabar · 25 Mei 2024 11:40 WIB ·

Tanamkan Cinta Lingkungan Sejak Dini, SDIU Fadlun Nafis Ajak Anak Didik Tanam Mangrove di Pantai Kropak Bondo


 Pelajar SDIU Fadlun Nafis Bangsri Jepara menanam mangrove di Pantai Kropak Bondo. Perbesar

Pelajar SDIU Fadlun Nafis Bangsri Jepara menanam mangrove di Pantai Kropak Bondo.

nujepara.or.id- SD Islam Unggulan (SDIU) Fadlun Nafis Bangsri, Jepara gelar aksi nyata peduli lingkungan, hari ini (22/5). Berlokasi di Panti Kropak Indah Desa Bondo, para murid diajak menanam bibit mangrove.

Kepala SDIU Fadlun Nafis Insiyatul Uliyah menjelaskan, dipilihnya lokasi tersebut karena kondisi abrasi. Harapannya, dengan penanaman mangrove bisa meminimalisir makin berkurangnya bibir Pantai Kropak Indah.

“Ini merupakan rangkaian kegiatan Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Tema kami adalah Hijau Bumiku Lestari Alamku,” kata Iin, sapaan Insiyatul Uliyah.

Lebih lanjut, Iin menjelaskan, setelah penanaman mangrove, peserta didik juga diajak melakukan bersih pantai di lokasi Pantai Bondo Desa Bondo. “Harapannya, kegiatan ini bisa menjadi kenangan baik bagi anak untuk peduli lingkungan. Tanam pohon dan penanganan sampah itu penting untuk keseimbangan lingkungan di masa depan,” ucap Iin.

Dia berharap peserta didik bisa mempraktikkan kegiatan tanam pohon di rumah masing-masing. Sehingga kondisi lingkungan bisa terjaga. “Bagi yang memiliki halaman luas bisa tanaman pohon besar. Adapun yang kecil ya menyesuaikan sehingga lingkungan kita bisa tetap asri,” harapnya.

Adapun Sudi Siswanto, ketua Komunitas Pantai Kropak Indah (KPKI) mengaku senang dengan adanya kegiatan penanaman mangrove. Dia berharap aksi tersebut bisa berkelanjutan.

“Luas pantai ini sekitar 55 hektare. Baru sepertiga yang tertanam mangrove sehingga memang masih perlu banyak penanaman mangrove di sini,” terang Sudi.

Dalam kesempatan itu, Dia menyinggung peran Wapalhi Unisnu Jepara yang terus membantu dalam upaya menjaga lingkungan Pantai Kropak Indah.

“Seperti saat ini ada penanaman itu Wapalhi Unisnu ikut membantu sehingga bisa berjalan baik. Semoga makin banyak pihak-pihak yang peduli untuk penanaman mangrove di pantai ini,” katanya.
“Dengan penanaman mangrove ini, apabila bisa tumbuh dengan selain guna menjaga lingkungan juga bisa dimanfaatkan untuk wisata mangrove,” imbuh Sudi.

Artikel ini telah dibaca 65 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Majlis “kopi” an-Nahdhoh Balekambang Salurkan Ribuan Paket Daging Kurban untuk Warga Jepara dan Kudus

22 Juni 2024 - 19:30 WIB

Penyembelihan hewan kurban Idul Adha 1445 H di Majlis an-Nahdhoh, Jepara

Alhamdulillah, Pengecoran Lantai 3 RSU Aseh Rampung, Rais Syuriah: Kita Punya Tanggung Jawab Organisasi dan Moral Agar Rumah Sakit Ini Bisa Segera Operasional

22 Juni 2024 - 19:04 WIB

Kondisi lantai 3 RSU Aseh setelah dilakukan pengecoran. Hingga Sabtu (22/6) ini masih dilakukan penyiraman di titik pengecoran itu.

PC Fatayat NU, Perempuan-perempuan Tangguh Dibalik Pembangunan RSU Aseh Jepara

21 Juni 2024 - 20:31 WIB

Forum Lingkar Diskusi Nilai Hijrah (Li Dinihi): Mencari Sosok Pemimpin Jepara

21 Juni 2024 - 20:02 WIB

Membumikan Tasawuf, Jatman Idaroh Ghusniyah Kecamatan Tahunan Gelar Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah

17 Juni 2024 - 08:56 WIB

Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah yang digelar di pondok pesantren An Nur Mangunan, Sabtu (15/6/2024) dihadiri sejumlah Pengurus MWC NU Tahunan, Rois Syuriyah Ranting, dan ratusan santri.

UNISNU Jepara Luluskan 425 Wisudawan, Rektor Tekankan Intelektualitas dan Akhlaqul Karimah

1 Juni 2024 - 20:48 WIB

Trending di Kabar