Menu

Mode Gelap
PCNU Jepara Gelar Peringatan Harlah Ke-101 NU, Mbah Yatun : “NU-Muhammadiyah Benteng Negara, Kita Seirama” NU Ranting Bulungan Pakis Aji Gelar Musran Ala Muktamar Mulai dari Kyai, TNI dan Polri Hadiri Haul Gus Dur di “Majelis Kopi“ Gus Nasrul Upgrade Profesionalisme Guru Madrasah di Jepara, UNISNU Berikan Pelatihan PPG dan TIK PC LPBI NU Kuatkan Kader Tanggap Bencana di Jepara Lewat Pelatihan dan Edukasi

Kabar · 29 Jul 2018 16:33 WIB ·

‘Workshop Dai Cyber’ Ajak Kader PMII Melek Media


 ‘Workshop Dai Cyber’ Ajak Kader PMII Melek Media Perbesar

Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PC PMII) Jepara menyelenggarakan ‘Workshop Dai Cyber’ di kediaman H. Syamsul Anwar (Ketua PC GP Ansor Jepara) Desa Krapyak Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara, Sabtu-Senin (28-30/7/2018).
Ketua panitia, Robit Himami mengatakan agenda yang sudah disiapkan sejak satu bulan itu bertujuan untuk pemberdayaan kader agar melek media.
Menurut Ketua Cabang PMII Jepara Muwassaun Niam kegiatan tersebut merupakan sikap dan perhatiannya tentang kondisi terkini di media sosial (medsos) yang cenderung menyajikan berita yang memecah kedaulatan Negara Kepulauan Republik Indonesia (NKRI).
“Kondisi yang demikian itu perlu jadi perhatian penting dari sahabat-sahabat pergerakan seperti PMII,” tandasnya dalam siaran persnya.
Ia menambahkan pendidikan media adalah salah satu langkah konkrit untuk menjadi bekal mengadvokasi pemerintahan yang berjalan saat ini.
“Terlebih saat ini ada beberapa kebijakan yang mandek dan kadang tidak lagi dibahas seperti UU tentang media,” tambahnya.
Kegiatan yang berlangsung 3 hari itu menghadirkan beberapa narasumber.
Zakaria Anshori (pegiat medsos) melakukan organisir dengan menganalisis peserta. Fokusnya pada mengetahui karakter setiap peserta yang pada akhirnya menjadi sebuah tim dari media.
Berlanjut pada tahap pemahaman bagaimana kondisi media sekarang ini yang disampaikan Kepala Biro Suara Muria (Suara Merdeka) Muhammadun Sanomane.
Muhammadun yang juga Ketua LTNNU Jepara memfokusan materi bagaimana kode etik berjurnalistik.
Lalu di hari selanjutnya adalah wilayah eksekusi konten seperti materi artikel (opini) yang disampaikan Khoirul Muslimin (Dosen Unisnu Jepara) mengantarkan peserta pada bagaimana membuat artikel dari mulai judul, lead berita, leher berita dan sampai pada argumentasi yang disampaikan.
Dilanjutkan pemateri Zainal Abidin Direktur Jawa Pos (Radar Jepara) yang berkonsentrasi dalam pembuatan berita.
Zainal juga menjelaskan bagaimana peran penting wartawan untuk membingkai berita yang dia buat. (Sirojul Munir)

Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pj Bupati Jepara Launching NU Mart MWC Kedung: Dari Kita, Oleh Kita, Untuk NU dan Bantu Progam Pemerintah

2 Maret 2024 - 16:26 WIB

Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta, Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan dan Rois Syuriah PCNU Jepara KH Khayatun Abdullah Hadziq memotong pita saat launching NU Mart MWC NU Kedung, Sabtu (2/3/2024)

PCNU Jepara Gelar Peringatan Harlah Ke-101 NU, Mbah Yatun : “NU-Muhammadiyah Benteng Negara, Kita Seirama”

28 Januari 2024 - 23:45 WIB

NU Ranting Bulungan Pakis Aji Gelar Musran Ala Muktamar

28 Januari 2024 - 22:22 WIB

Mulai dari Kyai, TNI dan Polri Hadiri Haul Gus Dur di “Majelis Kopi“ Gus Nasrul

24 Januari 2024 - 15:14 WIB

NU Gelar Khaul Massal Serentak se-Jepara, Ikhtiar Sengkuyung Pembangunan RSU Aseh

28 Desember 2023 - 10:29 WIB

NU Gelar Khaul Massal Serentak se-Jepara, Ikhtiar Sengkyung Pembangunan RSU Aseh.

Upgrade Profesionalisme Guru Madrasah di Jepara, UNISNU Berikan Pelatihan PPG dan TIK

15 Desember 2023 - 15:51 WIB

Trending di Kabar