Menu

Mode Gelap
Majlis “kopi” an-Nahdhoh Balekambang Salurkan Ribuan Paket Daging Kurban untuk Warga Jepara dan Kudus Membumikan Tasawuf, Jatman Idaroh Ghusniyah Kecamatan Tahunan Gelar Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah UNISNU Jepara Luluskan 425 Wisudawan, Rektor Tekankan Intelektualitas dan Akhlaqul Karimah Lantik IPNU-IPPNU Ranting Banjaragung, Ketua MWC NU Bangsri: Fokus Kaderisasi Sejarah NU dan Klaim Para Habaib

Kabar · 29 Jul 2018 16:33 WIB ·

‘Workshop Dai Cyber’ Ajak Kader PMII Melek Media


 ‘Workshop Dai Cyber’ Ajak Kader PMII Melek Media Perbesar

Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PC PMII) Jepara menyelenggarakan ‘Workshop Dai Cyber’ di kediaman H. Syamsul Anwar (Ketua PC GP Ansor Jepara) Desa Krapyak Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara, Sabtu-Senin (28-30/7/2018).
Ketua panitia, Robit Himami mengatakan agenda yang sudah disiapkan sejak satu bulan itu bertujuan untuk pemberdayaan kader agar melek media.
Menurut Ketua Cabang PMII Jepara Muwassaun Niam kegiatan tersebut merupakan sikap dan perhatiannya tentang kondisi terkini di media sosial (medsos) yang cenderung menyajikan berita yang memecah kedaulatan Negara Kepulauan Republik Indonesia (NKRI).
“Kondisi yang demikian itu perlu jadi perhatian penting dari sahabat-sahabat pergerakan seperti PMII,” tandasnya dalam siaran persnya.
Ia menambahkan pendidikan media adalah salah satu langkah konkrit untuk menjadi bekal mengadvokasi pemerintahan yang berjalan saat ini.
“Terlebih saat ini ada beberapa kebijakan yang mandek dan kadang tidak lagi dibahas seperti UU tentang media,” tambahnya.
Kegiatan yang berlangsung 3 hari itu menghadirkan beberapa narasumber.
Zakaria Anshori (pegiat medsos) melakukan organisir dengan menganalisis peserta. Fokusnya pada mengetahui karakter setiap peserta yang pada akhirnya menjadi sebuah tim dari media.
Berlanjut pada tahap pemahaman bagaimana kondisi media sekarang ini yang disampaikan Kepala Biro Suara Muria (Suara Merdeka) Muhammadun Sanomane.
Muhammadun yang juga Ketua LTNNU Jepara memfokusan materi bagaimana kode etik berjurnalistik.
Lalu di hari selanjutnya adalah wilayah eksekusi konten seperti materi artikel (opini) yang disampaikan Khoirul Muslimin (Dosen Unisnu Jepara) mengantarkan peserta pada bagaimana membuat artikel dari mulai judul, lead berita, leher berita dan sampai pada argumentasi yang disampaikan.
Dilanjutkan pemateri Zainal Abidin Direktur Jawa Pos (Radar Jepara) yang berkonsentrasi dalam pembuatan berita.
Zainal juga menjelaskan bagaimana peran penting wartawan untuk membingkai berita yang dia buat. (Sirojul Munir)

Artikel ini telah dibaca 11 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Majlis “kopi” an-Nahdhoh Balekambang Salurkan Ribuan Paket Daging Kurban untuk Warga Jepara dan Kudus

22 Juni 2024 - 19:30 WIB

Penyembelihan hewan kurban Idul Adha 1445 H di Majlis an-Nahdhoh, Jepara

Alhamdulillah, Pengecoran Lantai 3 RSU Aseh Rampung, Rais Syuriah: Kita Punya Tanggung Jawab Organisasi dan Moral Agar Rumah Sakit Ini Bisa Segera Operasional

22 Juni 2024 - 19:04 WIB

Kondisi lantai 3 RSU Aseh setelah dilakukan pengecoran. Hingga Sabtu (22/6) ini masih dilakukan penyiraman di titik pengecoran itu.

PC Fatayat NU, Perempuan-perempuan Tangguh Dibalik Pembangunan RSU Aseh Jepara

21 Juni 2024 - 20:31 WIB

Forum Lingkar Diskusi Nilai Hijrah (Li Dinihi): Mencari Sosok Pemimpin Jepara

21 Juni 2024 - 20:02 WIB

Membumikan Tasawuf, Jatman Idaroh Ghusniyah Kecamatan Tahunan Gelar Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah

17 Juni 2024 - 08:56 WIB

Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah yang digelar di pondok pesantren An Nur Mangunan, Sabtu (15/6/2024) dihadiri sejumlah Pengurus MWC NU Tahunan, Rois Syuriyah Ranting, dan ratusan santri.

UNISNU Jepara Luluskan 425 Wisudawan, Rektor Tekankan Intelektualitas dan Akhlaqul Karimah

1 Juni 2024 - 20:48 WIB

Trending di Kabar