Oleh : Murtadho Hadi
nujepara.or.id – Sang Pujangga besar tanah Jawa, Ronggowasito. Siapa yang tidak mengenal dia. Pujangga Kasunanan Surakarta yang hidup pada tahun 1802-1873 ini ternyata adalah seorang santri dari Kiai Ageng Muhammad Hasan Besari Ponorogo.
Kiai Ageng Muhammad Hasan Besari merupakan pendiri pesantren Gebang Tinatar atau Tegalsari. Pesantren ini berada di di Desa Tegalsari, Kecamatan Jetis, Ponorogo. Beliau melahirkan tokoh-tokoh besar di Nusantara. pertama Pakubuwana II, Sultan Kartasura yang berkancah dalam dunia politik. Kedua, H.O.S Cokroaminoto, tokoh pergerakan nasional pendiri Sarikat Islam, dan ketiga adalah Bagus Burhan atau Raden Ngabehi Ronggowarsito, sastrawan Jawa yang menciptakan kidung Zaman Edan.
Ronggowarsito dikenal sebagai pujangga keraton terakhir karena setelah itu, tidak ada pujangga yang mampu menyamai dirinya. Melalui karya-karyanya kita menjadi tahu bawa Ronggowarsito memberi perhatian lebih pada kajian tasawuf.
Ronggowarsito menulis Serat Wirid Hidayat Jati atau ajaran tentang “Martabat Tujuh” dalam kajian tasawuf. Karya lain Ronggowarsito adalah Suluk Sukma Lelana dan Maklumat Jati. Semua karya-karyanya mengajarkan tentang kesadaran seorang hamba untuk mencapai “wushul” atau maqom “qurb” (kedekatan) dan keakraban dengan Tuhan.
Bahkan menjelang wafatnya Ronggowarsito pun sempat menulis Serat Kalatida yang berisi uraian mendalam tentang “mengenali tanda-tanda zaman” dan pentingnya “tanggap ing Sasmito” (tanggap memahami gejala jangan sampai tertipu oleh kehidupan dunia yang semu, mengedepankan kearifan dan tetap mawas diri)
Kewaspadaan itu ditunjukkan melalui haliah zaman yang dianalisa Ronggowarsito, yang kemudian disebutnya sebagi zaman edan atau “zaman Kalabendu” di mana akhlak manusia mengalami degradasi. Halal-haram tidak lagi menjadi pertimbangan, manusia lebih suka menjadi “cecunguk-cecunguk” yang mendekati pos-pos kekuasaan dengan merendahkan martabat: menjual iman dan agama demi tahta (hubbur-riyasah) dan demi uang (hubbul-mal).
Pernyataan Ronggowarsito yang begitu terkenal dalam mengapresiasi zamannya adalah:
Amenangi zaman edan
Yen ora Melu edan
ora keduman.
Ati tansah nelangsa!
Ananging dilalah kersane Allah
Sak beja-bejane wong kang lali
Isih Bejo wong kang eling lan waspada.
Yang kira-kira padanan bahasa Indonesianya sebagai berikut:
Menyaksikan zaman edan
Ketika tidak larut dalam kegilaan
Tak mungkinlah bisa mencecap kenikmatan
Maka hati jadi remuk-susah
Namun karena semata Rohmat yang kuasa
(Semata irodah Allah!)
Seberuntung nya orang yang pelupa
Masih beruntung orang yang tetap ingat dan waspada.
Sebelum itu, masa-masa santri Ronggowarsito kerap sekali diwarnai “kenakalan” karena Ronggowarsito (si anak bandel ini) lebih suka keluar pondok dan berkumpul dengan kaum abangan, suka berjam-jam nonton wayang dan seni pertunjukan.
Sehingga Kiai Hasan Besari sendiri yang sering menyusul santri bandelnya itu nyangkut di rumah-rumah penduduk. Akan tetapi dengan telaten Kiai Hasan Besari senantiasa mengajar ngaji dan menggembleng karakter muridnya. Sehingga kenakalan pada masa-masa kecil seseorang tidak selalu menjadi cerminan ketika dewasa.
Pada masa-masa terakhir hidupnya, Ronggowarsito memilih jalan Zuhud, dan tasawuf bukanlah hanya sekedar wacana dan retorika, melainkan jalan untuk berakrab-akrab dengan Allah; menuju inkisyaf dan makrifat yang Kamal.
( Murtadho Hadi, Sastrawan dan Budayawan. Wakil Ketua LTN PCNU Jepara)