Menu

Mode Gelap
Kepala Kemenag Jepara hingga Turis dari Kenya Kagumi Stand Gelar Karya Siswa MTs Sadamiyyah, Ini Alasannya Peneliti dan Akademisi dari Singapura Kunjungi MA NU Al-mustaqim, Beri Pesan Ini untuk Santri dan Pelajar NU – Muhammadiyah Jepara Siap Kawal Pilkada Berkualitas, Ini 6 Komitmen dan Seruan untuk Para Stakeholder MATAN: Oase Pergerakan Tasawuf Milenial Genjot Kualitas SDM, YPMNU Gelar Pembekalan untuk Pengurus, Guru PAUD & TPQ Muslimat NU Kecamatan Jepara

Hujjah Aswaja · 9 Apr 2024 04:54 WIB ·

Ngaji Burdah Syarah Mbah Sholeh Darat (28)


 Ruh manusia ilustrasi Perbesar

Ruh manusia ilustrasi

Oleh : Kiai Hisyam Zamroni (Wakil Ketua PCNU Jepara)

nujepara.or.id – Ila hadhroti Nabiyyina wa Habibina wa Syafi’ina wa Maulana Sayyidina Muhammadin Shollallahu Alaihi Wassallam. Al Fatihah
Wa Ila Hadhroti Syech Abdul Qodir al Jilaniy Wa Syech Imam Abul Hasan Asy-Syadzily wa ila khadhroti min imamitthoriqoh kullihim. Al Fatihah
Tsumma ila khadroti ahli sanadina fi kitabil burdah al Habib Abdullah al Hindwan min al Al Habib Ali As Shihab min Asy Syech Nawawi al jepara min syaikhina wa murobbi ruhina simbah Sholeh Darat ushulihi wa furu’ihi, wa ustadzihi wa muridihi wa liman atba’a ilaihi. Al Fatihah
Tsumna ila khadhroti khusushon shohibil burdah Syech imam Abu Abdullah Muhammad bin Sa’id al Bushiriy. Al Fatihah

Bismillahirrohmanirrohim

Nadhom
(19)

Dan Nafsu Kaththifli in Tuhmilhu Syabba ‘Ala # Hubbirrodho’i wa in Tafthimhu Yanfathimi

Sekali lagi, shifat nafsu itu seperti anak kecil. Apabila kamu membiarkan kepada bayi yg tidak kamu safih dari menyusu maka sampai tua pun senang menyusu artinya sampai tua pun senang menyusu ibunya.
Dan apabila kamu menyapih bayimu agar tidak menyusu maka bayimu akan mengikuti sapihanmu dan tidak ada madhorot bayimu disapih.


Ketahuilah wahai mukallaf !!!. Bahwa sesungguhnya nafsu itu “Lathifah Robbaniyah” atau ruh yang belum dijodohkan dengan jasad manusia dan Gusti Allah SWT menciptakan Ruh sebelum adanya jasad kurang lebih selesih 2000 tahun sebelum dijodohkan dengan jasad yang dekat dengan Gusti Allah SWT tanpa lantaran apa pun dan fokusnya ruh hanya kepada Gusti Allah SWT saja bukan kepada selain Gusti Allah SWT.


Ketika ruh sudah dijodohkan dengan jasad baru lah ruh mengetahui yang lain lain yang kemudian ruh tertutupi dari hadapan Gusti Allah SWT.


Dari sana lah menjadi ingin kepada Mudzakkir sebagaimana firman Gusti Allah SWT; “Wadzakkir Fa Innadzdzikro Tanfa’ul Mu`minin.


Ruh sebelum dijodohkan dengan jasad namanya Ruh, akan tetapi setelah dijodohkan dengan jasad dinamakan “nafsan” yg merupakan sesuatu yang dapat berubah rubah karena sebab tempat i’tibarnya.
Faidahnya; barangsiapa memperbanyak membaca bait mulai dari “man liy ila akhirihi ila qowlihi wa in tafthimhu yanfathimi, saat akan mengingatkan dan menghilangkan orang yg inkar di baca 10x dengan niat amar ma’ruf maka orang itu akan hasil maqsud yaitu akan terkabul dengan bisa menghilangkan kemungkaran orang tsb atas izin Gusti Allah SWT.


Disebutkan didalam kitab Ihya Ulumuddin juz 3 bhw sesungguhnya jisim manusia itu terdiri dari 4 perkara;
Pertama, al Qolbu, kedua, Ruh, ketiga, nafsu, dan ke-empat akal.
Lafald Al Qolbu ada 2 makna. Pertama adalah hati jantung yang bertempat di dada kiri di bawah susu kiri seperti disebutkan di dalam kitab munjiyat. Makna al Qolbu kedua adalah “Lathifah Robbaniyah Ruhaniyyah yang bergantung ada di hati jantung sebagai mana diatas yang menumbuhkan Haqiqotul Insan yg bisa menenukan perkara perkara ghoib dan menerima mukhotob. Sedangkan yang dimukhotobi dan di perintah itu mempunya ketergantungan kepada jisimnya.

Semoga ngaji burdah pada sesi ini manfaat, barokah dan mendapatkan syafaat dari baginda Nabi Muhammad Rasulullah SAW fiddiniy waddun-ya wal akhiroh. Amin Amin Amin

Bersambung.

Artikel ini telah dibaca 22 kali

Baca Lainnya

Utawi Syaikh Nawawi Bin Umar Al-Jawi : Tidaklah “Meng-itsbat” Nasab Haba’ib!

14 Mei 2024 - 08:29 WIB

Ilustrasi gambar

Pendidikan Karakter Anak Pada Saat Idulfitri

19 April 2024 - 08:40 WIB

Ilustrasi santri merayakan Idulfitri.

Filosofi Makna Budaya Kupat dan Lepet dalam Perayaan Idulfitri

9 April 2024 - 05:48 WIB

Rebutan kupat lepet saat pesta lomban

Ngaji Burdah Syarah Mbah Sholeh Darat (29)

9 April 2024 - 05:03 WIB

Kiai Hisyam Zamroni (Wakil Ketua PCNU Jepara), Ngaji Burdah Syarah Mbah Sholeh Darat.

Ngaji Burdah Syarah Mbah Sholeh Darat (28)

8 April 2024 - 03:45 WIB

Kiai Hisyam Zamroni (Wakil Ketua PCNU Jepara), Ngaji Burdah Syarah Mbah Sholeh Darat.

Ngaji Burdah Syarah Mbah Sholeh Darat (27)

7 April 2024 - 05:19 WIB

Mbah Soleh Darat
Trending di Hujjah Aswaja