Menu

Mode Gelap
Peduli Hutan Muria, Ratusan Siswa MTs dan MA Safinatul Huda Ikuti Matsama Bareng Perhutani NU Sorong Papua Kirimkan Santri ke Jepara, Salah Satunya Kuliah di UNISNU Dimakamkan di Mayong, Ini Kisah Raden Ayu Mas Semangkin Sang Senopati Perang Lereng Muria Rayakan 1 Muharram, NU Ranting Bulungan Gelar Doa Bersama Pawai Obor Warga NU Desa Bawu Sambut Tahun Baru 1446 Hijriyah, Momentum Perkuat Semangat Hijrah ke Arah Kebaikan

Islam Nusantara · 10 Apr 2022 13:04 WIB ·

Perjalanan Intelektual Ratu Kalinyamat (2)


 Serambi Masjid Mantingan tempo dulu. tampak temboknya dihiasi ukiran khas Jepara. Perbesar

Serambi Masjid Mantingan tempo dulu. tampak temboknya dihiasi ukiran khas Jepara.

Oleh: Kiai Hisyam Zamroni*

nujepara.or.id- Ratu Kalinyamat adalah fenomena perempuan Nusantara. Proses penempaan spiritualitas, pola pikir dan pergerakan Ratu Kalinyamat langsung di gladi oleh Sunan Kalijaga yaitu salah satu anggota Walisongo yang memiliki pengetahuan sosial budaya, politik, lobbi menejemen dan strategi pemerintahan yang cerdas dan mumpuni. Ratu Kalinyamat, disamping santri juga cucu Sunan Kalijaga dari istri Sultan Trenggono putra dari Raden Fatah Pendiri Kerajaan Demak Bintoro, adalah santri yang cerdas dan memiliki kemampuan “olah kanuragan” yang mumpuni dan pilih tanding.

Ratu Kalinyamat tidak mempunyai rasa “minder” saat mondok di Pesantren Kadilangu Demak walaupun semua teman temannya mayoritas bahkan di bilang semuanya adalah berjenis laki laki seperti Maskarebet atau yang terkenal Joko Tingkir, Raden Said atau yang terkenal Sunan Muria, R. Amir Hasan atau yang terkenal Sunan Nyamplungan Karimunjawa dan lain lain, yang kelak teman teman mondoknya tersebut sangat membantu perjuangan Ratu Kalinyamat saat menjadi penguasa Jepara.

Disamping ngaji mondok di Pesantren Kadilangu, Ratu Kalinyamat belajar juga “ilmu hal” yang secara langsung melihat kakeknya Raden Fatah sehari hari memimpin roda pemerintahan, sosial, budaya dan politik Kerajaan Demak Bintoro plus belajar secara langsung kepada ayahandanya Sultan Trenggono.

Perjalanan intelektual Ratu Kalinyamat di atas, memberikan pemahaman bahwa dia ditempa bidang agama spiritualitas, sosial budaya, politik, pemerintahan dan strategi lobbi lobbi dan pergaulan yang bebas baik secara internal, kewilayahan maupun hubungan lintas sektoral bahkan lintas bangsa dan negara sehingga apa yang sudah diraihnya akan menjadi bekal kelak saat Ratu Kalinyamat memimpin Kerajaan Jepara (Bersambung)

*Wakil Ketua Tanfizdiyah PCNU Jepara

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Peduli Hutan Muria, Ratusan Siswa MTs dan MA Safinatul Huda Ikuti Matsama Bareng Perhutani

19 Juli 2024 - 15:01 WIB

NU Sorong Papua Kirimkan Santri ke Jepara, Salah Satunya Kuliah di UNISNU

16 Juli 2024 - 16:16 WIB

Prihatin Pengguna Transportasi Umum Menurun, Mahasiswa Unisnu Ciptakan Aplikasi JETA

14 Juli 2024 - 22:46 WIB

Rayakan 1 Muharram, NU Ranting Bulungan Gelar Doa Bersama

10 Juli 2024 - 11:52 WIB

Pawai Obor Warga NU Desa Bawu Sambut Tahun Baru 1446 Hijriyah, Momentum Perkuat Semangat Hijrah ke Arah Kebaikan

10 Juli 2024 - 01:31 WIB

Peserta Pawai Obor Desa Bawu berjalan kaki menyambut Tahun Baru Islam 1446 H

YPM NU Jepara Boyong Empat Tropy Juara di Gebyar PAUD dan TPQ Tingkat Jateng

9 Juli 2024 - 09:41 WIB

Trending di Kabar