Menu

Mode Gelap
PCNU Jepara Gelar Peringatan Harlah Ke-101 NU, Mbah Yatun : “NU-Muhammadiyah Benteng Negara, Kita Seirama” NU Ranting Bulungan Pakis Aji Gelar Musran Ala Muktamar Mulai dari Kyai, TNI dan Polri Hadiri Haul Gus Dur di “Majelis Kopi“ Gus Nasrul Upgrade Profesionalisme Guru Madrasah di Jepara, UNISNU Berikan Pelatihan PPG dan TIK PC LPBI NU Kuatkan Kader Tanggap Bencana di Jepara Lewat Pelatihan dan Edukasi

Kabar · 25 Feb 2020 13:51 WIB ·

Rajab, Bulan Mulia Berkesempatan “Mremo”


 Rajab, Bulan Mulia Berkesempatan “Mremo” Perbesar

Ilustrasi : jateng.idntimes.com

Salah satu bulan yang dimuliakan di antaranya bulan Rajab, di mana pada bulan ini Kanjeng Nabi Muhammad SAW diajak berwisata atau diberangkatkan Isra’ dan Mi’raj guna untuk berjumpa dengan Allah SWT. Bulan di mana diturunkan perintah Shalat bagi segenap umat Nabi Muhammad SAW.

Bulan yang sangat mulia, maka setidaknya kita ikut “Mremo” melakukan kegiatan dan aktivitas yang bertujuan untuk mensukseskan meramaikan bulan Rajab tersebut. Banyak kegiatan dan aktivitas yang bisa dilakukan, di antaranya dengan menjalankan puasa sunnah rajab, memperbanyak zikir shalawat dan melakukan amalan-amalan rajabiyah.

“Mremo” di bulan rajab tak lain mempunyai tujuan yang jelas, yang paling penting berdasarkan dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah SWT, mahabbah (menambah rasa cinta) kepada Kanjeng Nabi Muhammad SAW dan manusia adalah hamba yang bertugas untuk selalu menghamba dan memohon kepada sang pemberi ijabah.

Salah satu amalan di bulan rajab, harapannya memohon kepada Allah dengan washilah (perantara) doa para para Nabi Wali supaya ekonomi kuat, diberikan kelancaran rizki, dan  mengalir terus.

Amalan ini sebaiknya diamalkan di bulan rajab dan sebelum melaksanakannya sebaiknya disertai dengan melakukan puasa sunnah selama 3 hari.

Adapaun cara mengamalkan wirid dibaca setiap bakda Maghrib dan subuh,

 يا الله يا فتاح يا رحمن يا رحيم يا رزاق يا جامع

“Ya Allah Ya Fattah Ya Rohman Ya Rohim Ya Rozaq Ya Jami’ ” di baca 111x

Amalan ini disampaikan dalam majelis “Soko Jeporo”. Majelis rutin selapanan Seloso Kliwon di dukuh Tawar Desa Karanggondang Mlonggo Jepara Jawa Tengah, untuk diamalkan secara umum. Para jama’ah Soko Jeporo pun sudah terbiasa menjalankan amalan tersebut setiap bulan Rajab datang.

Masih ada kesempatan untuk menata hati dan niat untuk menyambut bulan yang mulia, yaitu bulan Rajab. Lebih lebih sebelum kita “mremo”, bersihkan hati, jiwa dan pikiran kita supaya kita menjadi hamba yang terus berusaha untuk meningkatkan skala prioritas keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT.

Semoga kita berkesempatan dan berjumpa dengan bulan rajab, sehingga keberkahan dan keridhoan selalu mengalir dalam jiwa kita untuk selalu bersemangat dan giat untuk terus meningkat taat kepada Allah Rasulullah sehingga diberikan selamat dunia dan akhirat. Amin. (Miqdad Sya’roni)

Artikel ini telah dibaca 74 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pj Bupati Jepara Launching NU Mart MWC Kedung: Dari Kita, Oleh Kita, Untuk NU dan Bantu Progam Pemerintah

2 Maret 2024 - 16:26 WIB

Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta, Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan dan Rois Syuriah PCNU Jepara KH Khayatun Abdullah Hadziq memotong pita saat launching NU Mart MWC NU Kedung, Sabtu (2/3/2024)

PCNU Jepara Gelar Peringatan Harlah Ke-101 NU, Mbah Yatun : “NU-Muhammadiyah Benteng Negara, Kita Seirama”

28 Januari 2024 - 23:45 WIB

NU Ranting Bulungan Pakis Aji Gelar Musran Ala Muktamar

28 Januari 2024 - 22:22 WIB

Mulai dari Kyai, TNI dan Polri Hadiri Haul Gus Dur di “Majelis Kopi“ Gus Nasrul

24 Januari 2024 - 15:14 WIB

NU Gelar Khaul Massal Serentak se-Jepara, Ikhtiar Sengkuyung Pembangunan RSU Aseh

28 Desember 2023 - 10:29 WIB

NU Gelar Khaul Massal Serentak se-Jepara, Ikhtiar Sengkyung Pembangunan RSU Aseh.

Upgrade Profesionalisme Guru Madrasah di Jepara, UNISNU Berikan Pelatihan PPG dan TIK

15 Desember 2023 - 15:51 WIB

Trending di Kabar