Menu

Mode Gelap
Iedul Fitri dan Hari Anti-Kelaparan Sedunia Syarat “Ngaji” di Mbah Google dan Internet Kuatkan UMKM, Ansor Jalin Kerjasama Dengan BNI Jepara NU Jepara Dukung Progam 1 Juta Vaksin Booster Suluk Mantingan : Membangun Relasi Agama, Seni dan Budaya

Kabar · 25 Feb 2020 13:51 WIB ·

Rajab, Bulan Mulia Berkesempatan “Mremo”


 Rajab, Bulan Mulia Berkesempatan “Mremo” Perbesar

Ilustrasi : jateng.idntimes.com

Salah satu bulan yang dimuliakan di antaranya bulan Rajab, di mana pada bulan ini Kanjeng Nabi Muhammad SAW diajak berwisata atau diberangkatkan Isra’ dan Mi’raj guna untuk berjumpa dengan Allah SWT. Bulan di mana diturunkan perintah Shalat bagi segenap umat Nabi Muhammad SAW.

Bulan yang sangat mulia, maka setidaknya kita ikut “Mremo” melakukan kegiatan dan aktivitas yang bertujuan untuk mensukseskan meramaikan bulan Rajab tersebut. Banyak kegiatan dan aktivitas yang bisa dilakukan, di antaranya dengan menjalankan puasa sunnah rajab, memperbanyak zikir shalawat dan melakukan amalan-amalan rajabiyah.

“Mremo” di bulan rajab tak lain mempunyai tujuan yang jelas, yang paling penting berdasarkan dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah SWT, mahabbah (menambah rasa cinta) kepada Kanjeng Nabi Muhammad SAW dan manusia adalah hamba yang bertugas untuk selalu menghamba dan memohon kepada sang pemberi ijabah.

Salah satu amalan di bulan rajab, harapannya memohon kepada Allah dengan washilah (perantara) doa para para Nabi Wali supaya ekonomi kuat, diberikan kelancaran rizki, dan  mengalir terus.

Amalan ini sebaiknya diamalkan di bulan rajab dan sebelum melaksanakannya sebaiknya disertai dengan melakukan puasa sunnah selama 3 hari.

Adapaun cara mengamalkan wirid dibaca setiap bakda Maghrib dan subuh,

 يا الله يا فتاح يا رحمن يا رحيم يا رزاق يا جامع

“Ya Allah Ya Fattah Ya Rohman Ya Rohim Ya Rozaq Ya Jami’ ” di baca 111x

Amalan ini disampaikan dalam majelis “Soko Jeporo”. Majelis rutin selapanan Seloso Kliwon di dukuh Tawar Desa Karanggondang Mlonggo Jepara Jawa Tengah, untuk diamalkan secara umum. Para jama’ah Soko Jeporo pun sudah terbiasa menjalankan amalan tersebut setiap bulan Rajab datang.

Masih ada kesempatan untuk menata hati dan niat untuk menyambut bulan yang mulia, yaitu bulan Rajab. Lebih lebih sebelum kita “mremo”, bersihkan hati, jiwa dan pikiran kita supaya kita menjadi hamba yang terus berusaha untuk meningkatkan skala prioritas keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT.

Semoga kita berkesempatan dan berjumpa dengan bulan rajab, sehingga keberkahan dan keridhoan selalu mengalir dalam jiwa kita untuk selalu bersemangat dan giat untuk terus meningkat taat kepada Allah Rasulullah sehingga diberikan selamat dunia dan akhirat. Amin. (Miqdad Sya’roni)

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Muharram, Masjid Baitul Muttaqin Bulungan Santuni 20 Yatim Piatu

8 Agustus 2022 - 05:53 WIB

Harlah Unisnu Ke-31: Candradimuka Pemimpin Masa Depan Jepara

7 Agustus 2022 - 03:33 WIB

Ketua PBNU : Jangan Kiaikan Dukun, Kita Harus Selektif

4 Agustus 2022 - 02:37 WIB

Ilustrasi praktik perdukunan (@dukunsantet)

PCNU Jepara Lantik PRNU Guyangan II

2 Agustus 2022 - 05:28 WIB

NU Harus Lebih Peka Pada Rakyat Kecil

1 Agustus 2022 - 13:49 WIB

Malam Puncak Gebyar Muharram, MWC NU Kedung Gelar Doa Bersama

1 Agustus 2022 - 13:33 WIB

Trending di Hujjah Aswaja
%d blogger menyukai ini: