Menu

Mode Gelap
Membumikan Tasawuf, Jatman Idaroh Ghusniyah Kecamatan Tahunan Gelar Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah UNISNU Jepara Luluskan 425 Wisudawan, Rektor Tekankan Intelektualitas dan Akhlaqul Karimah Lantik IPNU-IPPNU Ranting Banjaragung, Ketua MWC NU Bangsri: Fokus Kaderisasi Sejarah NU dan Klaim Para Habaib Kepala Kemenag Jepara hingga Turis dari Kenya Kagumi Stand Gelar Karya Siswa MTs Sadamiyyah, Ini Alasannya

Anekdot · 12 Apr 2022 09:23 WIB ·

Gus Baha : “Rokok Itu Ya Haram, Bakar Saja!”


 Gus Baha : “Rokok Itu Ya Haram, Bakar Saja!” Perbesar

nujepara.or.id – KIAI Haji Ahmad Bahauddin Nursalim atau akrab disapa Gus Baha memang dikenal sebagai ulama yang nyentrik dalam menyampaikan tausiyah. Ini membuat jamaah makin tertarik menyimaknya. Salah satunya ketika Gus Baha menyampaikan cerita lucu terkait rokok. Bagaimana kisahnya? Dikutip dari kanal YouTube Caping Bertasbih 2, simak selengkapnya berikut ini.

Suatu hari Gus Baha menghadiri acara resepsi pernikahan kerabatnya. Di sana, ia tidak henti-henti tertawa mendengar kisah Habib Umar yang membaca artikel bahaya rokok. Pasalnya, bukannya berhenti merokok, Habib Umar justru berhenti membaca artikel bahaya rokok lainnya.

 

“Saya baca bahayanya merokok, setelah tahu bahayanya, saya berhenti membaca. Ta’ pikir itu setelah tahu bahayanya berhenti merokok, ternyata enggak,” tutur Gus Baha.

Diceritakan, Habib Umar juga pernah ditegur oleh seorang dokter, “Bib, kalau merokok terus nanti mati?”

Dengan santainya Habib Umar justru menjawab, “Tenang saja dok, saya masih bawa korek.” Para santri yang menyimak langsung tertawa terbahak-bahak.
Tidak berhenti sampai di sana, Gus Baha kembali menceritakan humor lainnya terkait rokok. Suatu ketika seorang sesepuh bertanya kepada Gus Baha, “Ha, rokok itu haram tidak?”

Gus Baha kemudian menjawab, “Kalau pendapat saya mengatakan haram bagaimana Mbah?”

Jawaban tidak terduga justru keluar dari sang sesepuh, “Lha iya, jika haram berarti saya benar. Makanya saya bakar, barang haram itu sebaiknya dibakar.”

Wallahu a’lam bishawab. (xpo)

Artikel ini telah dibaca 240 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Turba ke Ranting, MWCNU Nalumsari Targetkan Kinerja Lazisnu

27 Mei 2023 - 00:38 WIB

Humor Gus Dur : Hanya Dua Mahasiswa Yang Mampu Lulus Kuliah Kala Kampusnya Kebakaran

17 Februari 2023 - 06:39 WIB

Gus Dur : Beda NU Lama dengan NU Baru

25 Oktober 2022 - 06:49 WIB

Puasa 1/2 Tahun ala Gus Dur

25 Agustus 2022 - 10:42 WIB

Humor Gus Dur : Tentara Tidak Bisa Terbang

11 April 2022 - 17:25 WIB

Menjadi Do’a Walau Sekadar Mimpi

8 Juli 2019 - 04:18 WIB

Trending di Anekdot