Menu

Mode Gelap
KH Ma’mun Adullah Hadziq Didorong Masuk Dewan Pembina RSI Sultan Hadlirin Wisuda UNISNU, Pesan Rais Aam PBNU : “Masa Depan NU Ada Di tangan Kalian” Riwayat Pesisir Utara, Pusat Penyebaran Islam di Pulau Jawa Fatayat Batealit Dorong UMKM Naik Kelas Guru: Antara Profesi dan Tuntunan 

Kabar · 23 Okt 2022 16:04 WIB ·

HSN 2022, Ini Lima Masalah yang Harus Diatasi Santri


 HSN 2022, Ini Lima Masalah yang Harus Diatasi Santri Perbesar

nujepara.or.id – Rais Syuriyah PCNU Kabupaten Jepara KH Khayatun Nufus Abdullah Hadziq menyebut lima masalah nasional yang harus dihadapi dan diselesaikan kalangan santri.

Lima masalah itu terdiri ideologi, ekonomi, energi, dan konflik horizontal.

Saat ini, menurut Mbah Yatun (panggilan akrab KH Khayatun Nufus), ideologi yang tidak mau mengakui Pancasila masih ada. Hal itu harus diselesaikan. Selain itu, akumulasi dari masalah satu hingga empat bisa berimbas pada konflik sesama anak bangsa

“Oleh karena itu, tugas santri tidak sekadar hanya memperingati lahirnya Hari Santri, tapi bagaimana dengan kondisi bangsa seperti ini santri harus di depan. Tidak sekadar jadi pelengkap saja,” kata Mbah Yatun, saat ditemui di kawasan Pantai Bandengan, lokasi digelarnya Apel Hari Santri yang dipimpin Gubernur Jateng, H Ganjar Pranowo.

Mbah Yatun meyakini jika santri, terlebih yang ada di Kabupaten Jepara bisa menghadapi dan menyelesaikan masalah tersebut. Sebab hal itu sudah terbukti, bahkan sejak era pra kemerdekaan.

Pada zaman penjajahan, santri dan ulama turut serta mengusir penjajahan. Berpijak dari hal itu, santri era sekarang bisa belajar dari para pendahulunya terkait bagaimana menjawab tantangan zaman.

Mbah Yatun mengungkapkan, peran santri saat ini di lingkup agama sudah sangat maksimal. Namun dia berharap, santri juga berperan di lingkup umum sehingga bisa memiliki peran lebih besar lagi.

“Santri pasti bisa menjawab tantangan zaman,” tandasnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJateng.com dengan judul HSN 2022, PCNU Jepara Ingin Santri Bisa Atasi Lima Masalah Negara, https://jateng.tribunnews.com/2022/10/21/hsn-2022-pcnu-jepara-ingin-santri-bisa-atasi-lima-masalah-negara.

Artikel ini telah dibaca 78 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

YPM NU Jepara Berhasil Borong Tropy dalam Ajang Festival Aswaja Tingkat Provinsi

5 Desember 2022 - 12:02 WIB

Peduli Cianjur, Pengurus Ranting NU Tahunan Galang Dana untuk Korban Gempa

4 Desember 2022 - 11:53 WIB

Rakernas Lesbumi NU Ke-V, Ketum PBNU: Mari Membangun Narasi sebagai Strategi

3 Desember 2022 - 03:33 WIB

KH Ma’mun Adullah Hadziq Didorong Masuk Dewan Pembina RSI Sultan Hadlirin

1 Desember 2022 - 04:27 WIB

Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta (baju putih) berbincang dengan salah seorang pasien yang berobat di RSI Sultan Hadlirin, Rabu (30/11/2022).

Wisuda UNISNU, Pesan Rais Aam PBNU : “Masa Depan NU Ada Di tangan Kalian”

30 November 2022 - 03:08 WIB

Riwayat Pesisir Utara, Pusat Penyebaran Islam di Pulau Jawa

29 November 2022 - 00:16 WIB

Kota Pelabuhan Jepara tahun 1600-an (Sumber KITLV)
Trending di Islam Nusantara
%d blogger menyukai ini: