Menu

Mode Gelap
Membumikan Tasawuf, Jatman Idaroh Ghusniyah Kecamatan Tahunan Gelar Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah UNISNU Jepara Luluskan 425 Wisudawan, Rektor Tekankan Intelektualitas dan Akhlaqul Karimah Lantik IPNU-IPPNU Ranting Banjaragung, Ketua MWC NU Bangsri: Fokus Kaderisasi Sejarah NU dan Klaim Para Habaib Kepala Kemenag Jepara hingga Turis dari Kenya Kagumi Stand Gelar Karya Siswa MTs Sadamiyyah, Ini Alasannya

Kabar · 23 Okt 2022 16:04 WIB ·

HSN 2022, Ini Lima Masalah yang Harus Diatasi Santri


 HSN 2022, Ini Lima Masalah yang Harus Diatasi Santri Perbesar

nujepara.or.id – Rais Syuriyah PCNU Kabupaten Jepara KH Khayatun Nufus Abdullah Hadziq menyebut lima masalah nasional yang harus dihadapi dan diselesaikan kalangan santri.

Lima masalah itu terdiri ideologi, ekonomi, energi, dan konflik horizontal.

Saat ini, menurut Mbah Yatun (panggilan akrab KH Khayatun Nufus), ideologi yang tidak mau mengakui Pancasila masih ada. Hal itu harus diselesaikan. Selain itu, akumulasi dari masalah satu hingga empat bisa berimbas pada konflik sesama anak bangsa

“Oleh karena itu, tugas santri tidak sekadar hanya memperingati lahirnya Hari Santri, tapi bagaimana dengan kondisi bangsa seperti ini santri harus di depan. Tidak sekadar jadi pelengkap saja,” kata Mbah Yatun, saat ditemui di kawasan Pantai Bandengan, lokasi digelarnya Apel Hari Santri yang dipimpin Gubernur Jateng, H Ganjar Pranowo.

Mbah Yatun meyakini jika santri, terlebih yang ada di Kabupaten Jepara bisa menghadapi dan menyelesaikan masalah tersebut. Sebab hal itu sudah terbukti, bahkan sejak era pra kemerdekaan.

Pada zaman penjajahan, santri dan ulama turut serta mengusir penjajahan. Berpijak dari hal itu, santri era sekarang bisa belajar dari para pendahulunya terkait bagaimana menjawab tantangan zaman.

Mbah Yatun mengungkapkan, peran santri saat ini di lingkup agama sudah sangat maksimal. Namun dia berharap, santri juga berperan di lingkup umum sehingga bisa memiliki peran lebih besar lagi.

“Santri pasti bisa menjawab tantangan zaman,” tandasnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJateng.com dengan judul HSN 2022, PCNU Jepara Ingin Santri Bisa Atasi Lima Masalah Negara, https://jateng.tribunnews.com/2022/10/21/hsn-2022-pcnu-jepara-ingin-santri-bisa-atasi-lima-masalah-negara.

Artikel ini telah dibaca 81 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Membumikan Tasawuf, Jatman Idaroh Ghusniyah Kecamatan Tahunan Gelar Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah

17 Juni 2024 - 08:56 WIB

Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah yang digelar di pondok pesantren An Nur Mangunan, Sabtu (15/6/2024) dihadiri sejumlah Pengurus MWC NU Tahunan, Rois Syuriyah Ranting, dan ratusan santri.

UNISNU Jepara Luluskan 425 Wisudawan, Rektor Tekankan Intelektualitas dan Akhlaqul Karimah

1 Juni 2024 - 20:48 WIB

Lantik IPNU-IPPNU Ranting Banjaragung, Ketua MWC NU Bangsri: Fokus Kaderisasi

1 Juni 2024 - 09:55 WIB

Pengurus IPNU IPPNU Ranting Desa Banjargung periode 2024 - 2026 dilantik, Jumat (31/5/2024). Para pengurus yang baru diinstruksikan fokus kaderisasi para pelajar yang diproyeksikan menjadi generasi masa depan andalan Nahdlatul Ulama.

Sejarah NU dan Klaim Para Habaib

31 Mei 2024 - 14:26 WIB

Tanamkan Cinta Lingkungan Sejak Dini, SDIU Fadlun Nafis Ajak Anak Didik Tanam Mangrove di Pantai Kropak Bondo

25 Mei 2024 - 11:40 WIB

Pelajar SDIU Fadlun Nafis Bangsri Jepara menanam mangrove di Pantai Kropak Bondo.

Kepala Kemenag Jepara hingga Turis dari Kenya Kagumi Stand Gelar Karya Siswa MTs Sadamiyyah, Ini Alasannya

25 Mei 2024 - 11:30 WIB

Kepala Kemenag Jepara, Ketua LP Ma'arif NU Jepara dan lainnya foto bersama di depan stand karya pelajar MTs Sadamiyyah di Alun-alun Jepara.
Trending di Kabar