Menu

Mode Gelap
Membumikan Tasawuf, Jatman Idaroh Ghusniyah Kecamatan Tahunan Gelar Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah UNISNU Jepara Luluskan 425 Wisudawan, Rektor Tekankan Intelektualitas dan Akhlaqul Karimah Lantik IPNU-IPPNU Ranting Banjaragung, Ketua MWC NU Bangsri: Fokus Kaderisasi Sejarah NU dan Klaim Para Habaib Kepala Kemenag Jepara hingga Turis dari Kenya Kagumi Stand Gelar Karya Siswa MTs Sadamiyyah, Ini Alasannya

Kabar · 15 Sep 2019 15:15 WIB ·

MA Matholiul Ulum Wakili Jateng dalam Internalisasi Nilai Kebangsaan di Ambon


 MA Matholiul Ulum Wakili Jateng dalam Internalisasi Nilai Kebangsaan di Ambon Perbesar

Kepala MA MU Banjaragung memberikan sambutan dalam apel pagi.

nujepara.or.id – Madrasah Aliyah Matholiul Ulum (MA MU) Banjaragung Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara menjadi sekolah swasta yang mewakili Provinsi Jawa Tengah dalam kegiatan Intenalisasi Nilai Kebangsaan (Inti Bangsa) 2019 di Ambon, Maluku. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Direktorat Sejarah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kemendikbud), 16-20 September 2019.

Hal tersebut disampaikan oleh Ali Mutadlo, Kepala MA MU dalam kegiatan apel pagi di sekolah setempat. Hal tersebut merupakan sebuah motivasi sekaligus prestasi yang diukir oleh madrasah yang berada di pedesaan. Sekolah di desa tidak menjadi alasan untuk tidak maju dan berkembang.

“Ada banyak tokoh bangsa ini yang sebenarnya berasal dari pedesaan yang kemudian berkembang untuk memajukan bangsa ini,” katanya di hadapan para siswa.

Dari MA MU Banjaragung diwakili oleh M. Dalhar, pengampu mata pelajaran Sejarah Indonesia dan Sejarah Pemintan. Yang bersangkutan akan mempresentasikan tulisan sejarahnya tentang ulama lokal dan menjelaskan pengalaman selama mengajar sejarah. Hasil dari pelatihan kemudian dilanjutkan dengan pembuatan video pengajaran yang inspiratif dan menarik bagi para siswa.

Kegiatan Inti Bangsa 2019 di Ambon merupakan kompetisi penulisan sejarah yang diperuntukkan bagi para guru sejarah yang mengajar di SMA atau MA di seluruh Indonesia. Peserta yang lolos seleksi akan mengikuti serangkaian model pendidikan sejarah yang menarik dari para ahli.

Dari Jawa Tengah hanya diwakili oleh dua sekolah, yaitu MA MU Banjaragung dan SMA Negeri 2 Pati. MA MU merupakan satu-satunya perwakilan sekolah di Jawa Tengah yang berasal dari KKMA 02 LP Maarif Nahdlatul Ulama Jepara.

Kegiatan Inti Bangsa di Ambon diikuti 45 para pengajar sejarah yang berasal dari perwakilan sekolah dari seluruh provinsi di Indonesia. Masing-masing provinsi beragam jumlahnya, ada yang satu dan dua pengajar sejarah. Peserta yang paling banyak adalah dari tuan rumah, Provinsi Maluku. (dm)

Artikel ini telah dibaca 101 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Membumikan Tasawuf, Jatman Idaroh Ghusniyah Kecamatan Tahunan Gelar Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah

17 Juni 2024 - 08:56 WIB

Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah yang digelar di pondok pesantren An Nur Mangunan, Sabtu (15/6/2024) dihadiri sejumlah Pengurus MWC NU Tahunan, Rois Syuriyah Ranting, dan ratusan santri.

UNISNU Jepara Luluskan 425 Wisudawan, Rektor Tekankan Intelektualitas dan Akhlaqul Karimah

1 Juni 2024 - 20:48 WIB

Lantik IPNU-IPPNU Ranting Banjaragung, Ketua MWC NU Bangsri: Fokus Kaderisasi

1 Juni 2024 - 09:55 WIB

Pengurus IPNU IPPNU Ranting Desa Banjargung periode 2024 - 2026 dilantik, Jumat (31/5/2024). Para pengurus yang baru diinstruksikan fokus kaderisasi para pelajar yang diproyeksikan menjadi generasi masa depan andalan Nahdlatul Ulama.

Sejarah NU dan Klaim Para Habaib

31 Mei 2024 - 14:26 WIB

Tanamkan Cinta Lingkungan Sejak Dini, SDIU Fadlun Nafis Ajak Anak Didik Tanam Mangrove di Pantai Kropak Bondo

25 Mei 2024 - 11:40 WIB

Pelajar SDIU Fadlun Nafis Bangsri Jepara menanam mangrove di Pantai Kropak Bondo.

Kepala Kemenag Jepara hingga Turis dari Kenya Kagumi Stand Gelar Karya Siswa MTs Sadamiyyah, Ini Alasannya

25 Mei 2024 - 11:30 WIB

Kepala Kemenag Jepara, Ketua LP Ma'arif NU Jepara dan lainnya foto bersama di depan stand karya pelajar MTs Sadamiyyah di Alun-alun Jepara.
Trending di Kabar