Menu

Mode Gelap
Petinggi Tegalsambi Kerahkan Pemdes hingga RT Dukung Gerakan Wakaf RSNU Jepara Manaqiban Syekh Abdul Qodir Al Jailani Awali Pembangunan RSNU Jepara Peringati Satu Abad NU, Warga Sukosono Gelar Lomba Durian Jawara Kesambet KKN UNISNU Diterjunkan, Rektor : “Berdayakan Warga Nahdliyin”

Hujjah Aswaja · 19 Jan 2023 05:52 WIB ·

PR NU Teluk Awur Antusias Penggalangan Dana RSNU Jepara


 Sosialisasi gerakan SIDoWaRaS di gedumg NU Teluk Awur, Rabu malam 18 Januari 2023. Perbesar

Sosialisasi gerakan SIDoWaRaS di gedumg NU Teluk Awur, Rabu malam 18 Januari 2023.

nujepara.or.id-Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Desa Teluk Awur Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara sangat bersemangat dalam merespon didirikannya RSNU Jepara di Desa Troso Strekan RT 06 RW 10 Pecangaan Jepara.

Hal itu terungkap dalam pertemuan yang berlangsung pada Rabu Malam (18 Januari 2023) di Gedung NU Teluk Awur RT 03 RW 01 Tahunan Jepara.

“Secara organisatoris kami menyambut baik rencana pembangunan RSNU Jepara, tetapi kami berharap tidak sampai membebani masyarakat Teluk Awur. Sebentar lagi ada pengajian dalam rangka haul Mbah Jogo Wongso, lalu pengajian haflah akhirussanah madrasah diniyyah dan haul Mbah Jogo Laut yang semuanya menarik dana dari masyarakat”, kata Kiai Muhasin, Rais Syuriyah PRNU Desa Teluk Awur.

Ia berharap ada solusi dari pemerintah desa Teluk Awur agar target dari MWC NU Tahunan bisa terpenuhi.

Muhasin mengatakan bahwa sebagian besar penduduk desa Teluk Awur berpenghasilan rendah dan saat ini sedang kesulitan mendapatkan penghasilan karena tidak bekerja akibat pengaruh alam dan kondisi cuaca yang kurang bersahabat.

“Untuk itu, kami berharap kepada pemerintah desa Teluk Awur bisa membantu kesulitan masyarakat”, lanjut Muhasin.

Sementara Sholihul Huda mengusulkan agar pemdes Teluk Awur memberi bagian dari pendapatan asli desa sendiri untuk membantu masyarakatnya.

“Kita punya laut, kita bisa menjual laut seminggu atau dua minggu untuk mengurangi beban masyarakat”, tambah Sholihul.

Di sisi lain, Muji Arwani mengusulkan untuk bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam mengelola sampah di pantai Teluk Awur.

Menanggapi usulan warganya, Petinggi Teluk Awur Nasrur Rohman menyatakan siap untuk membantu kesulitan masyarakat.

“Kita lakukan usaha sesuai instruksi PCNU dahulu. Kita inventarisir dulu para pengurus NU yang mampu dan aghniya yang suka berderma”, kata Nasrur.

Ia juga menyatakan agar dalam penggalangan dana ini tidak hanya melalui wakaf, tetapi juga melalui shadaqah, infaq, donasi maupun iuran warga sepanjang tidak melanggar hukum fiqh.

“Agar fleksibel sebaiknya tidak hanya melalui wakaf saja dan kami akan berembug bersama BPD, BUMDes dan tokoh masyarakat terkait beban sosial masyarakat Teluk Awur”, tutur Rais Syuriyah 2016-2021 ini.

Dalam pertemuan itu Ketua Tanfidziyah PRNU Teluk Awur Achmad Pujiyanto menyimpulkan penggalangan dana RSNU Jepara bisa melalui wakaf dan usaha lain yang sah menurut fiqh.

“Kita menunggu kajian fiqh dari PCNU Jepara terkait permasalahan yang dihadapi ranting Teluk Awur”, ujar Pujiyanto.

Artikel ini telah dibaca 40 kali

Baca Lainnya

Petinggi Tegalsambi Kerahkan Pemdes hingga RT Dukung Gerakan Wakaf RSNU Jepara

28 Januari 2023 - 01:17 WIB

Petinggi Tegalsambi Agus Santoso secara simbolis menyerahkan wakaf tunai kepada Ketua Tim Penggerak Wakaf Tanah RSNU Desa Tegalsambi Purnomo.

Manaqiban Syekh Abdul Qodir Al Jailani Awali Pembangunan RSNU Jepara

24 Januari 2023 - 13:23 WIB

Rais Syuriyah PCNU Jepara KH Khayatun Abdullah Hadziq menyerahkan potongan tumpeng kepada Mustasyar KH Makmun saat kegiatan tasyakuran pembelian tanah RSNU Jepara di Desa Troso Kecamatan Pecangaan, Selasa (24/1/2023) sore.

PRNU Demangan Gaspoll, Terkumpul Wakaf Tanah RSNU Jepara 20 Meter Persegi

18 Januari 2023 - 01:44 WIB

Jajaran Pengurus PRNU Demangan Kecamatan Tahunan menggelar rapat pembentukan tim penggerak wakaf tanah RSNU Jepara, Selasa 917/1/2023).

Menjemput Abad Kedua NU: Pentingnya PBNU mendirikan Komite Olah Raga Nahdlatul Ulama

14 Januari 2023 - 03:02 WIB

Logo Porseni NU Tingkat Nasional tahun 2023

LTMNU Bentengi Masjid dan Musala NU di Jepara dari Faham Radikal

14 Januari 2023 - 02:42 WIB

Ketua PC Lembaga Ta’mir Masjid Nahdlatul Ulama (LTMNU) Kabupaten Jepara KH Miftahuddin Al Jafari dan jajaran saat kegiatan Rakor LTMNU se-Kabupaten Jepara, baru-baru ini.

Peletakan Batu Pertama RSNU Jepara Dilakukan Bareng dengan Puncak Harlah 1 Abad NU

10 Januari 2023 - 13:40 WIB

Ketua Tanfidziyah PCNU Jepara KH Charis Rohman saat rapat terkait rencana kegiatan peringatan Harlah 1 Abad NU, Ahad (8/1/2023).
Trending di Hujjah Aswaja
%d blogger menyukai ini: