Menu

Mode Gelap
Membumikan Tasawuf, Jatman Idaroh Ghusniyah Kecamatan Tahunan Gelar Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah UNISNU Jepara Luluskan 425 Wisudawan, Rektor Tekankan Intelektualitas dan Akhlaqul Karimah Lantik IPNU-IPPNU Ranting Banjaragung, Ketua MWC NU Bangsri: Fokus Kaderisasi Sejarah NU dan Klaim Para Habaib Kepala Kemenag Jepara hingga Turis dari Kenya Kagumi Stand Gelar Karya Siswa MTs Sadamiyyah, Ini Alasannya

Kabar · 9 Sep 2019 03:15 WIB ·

Berebut Berkah Sego Suro


 Berebut Berkah Sego Suro Perbesar

Kirab Sego Suro Desa Guyangan.

nujepara.or.id – Acara sakral yang diselenggarakan oleh masyarakat Desa Guyangan Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara ini dilaksanakan tiap tanggal 8 Suro (Muharram) sebagai kegiatan yang bersinergi dengan peringatan haul almaghfurlahu KH. Musthofa Abdul Hamid Guyangan Umbuk-umbuk.

Kegiatan kirab ini berlangsung mulai pukul 13.30 wib sampai selesai dengan mengarak Sego Suro raksasa beserta gunungan hasil bumi dan 11 macam ubo rampe khas budaya Jawa sebagai simbol persatuan 11 RW se desa Guyangan dengan berjalan kaki mengelilingi jalur lingkar Dukuh Umbuk-umbuk dan Dukuh Nganjir dan diikuti aneka ragam pakaian adat, pakaian hias hasil kreasi warga dengan diiringi pasukan drumband dan tanjidor.

Ikut meramaikan pula ribuan peserta kirab dan pengunjung yang memadati titik pusat kegiatan dan sepanjang jalan lintas karnaval.

Pengamanan kegiatan dan lalu lintas dikawal oleh Babinsa, Babinkamtibmas, Banser dan pemuda beshuss sebagai panitia.

Sakralitas kegiatan kirab ini karena ditunjang dengan peragaan dan ubo rampe yang diarak keliling ini memiliki makna filosofi yang sangat dalam sehingga kegiatan benar-benar berlangsung khidmat sebagai bentuk penghormatan almaghfurlahu KH. Musthofa Abdul Hamid sebagai salah satu tokoh sesepuh penyebar agama Islam di desa Guyangan dan sekitarnya.

Berebut Berkah Sego Suro

Setelah kirab sampai finish di halaman Masjid Baitul Mu’minin, warga berebut berkah Sego Suro raksasa di halaman Masjid dengan berjubel untuk turut kepungan menikmati keberkahan sego suro yang kaya akan sejarah, tak luput pula gunungan hasil bumi menjadi rebutan warga dan pengunjung untuk mencari berkah sampai habis tak tersisa.

Keberkahan puncak dikemas dalam kegiatan zikir dan doa bersama Majlis dzikir dan maulidurrasul al-khidmah beserta tausiyah pada malam hari. Semoga keberkahan ini meluber kepada semua warga dan pembaca sekalian, Amin. (Faiz Abdurrahman)

Artikel ini telah dibaca 54 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Membumikan Tasawuf, Jatman Idaroh Ghusniyah Kecamatan Tahunan Gelar Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah

17 Juni 2024 - 08:56 WIB

Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah yang digelar di pondok pesantren An Nur Mangunan, Sabtu (15/6/2024) dihadiri sejumlah Pengurus MWC NU Tahunan, Rois Syuriyah Ranting, dan ratusan santri.

UNISNU Jepara Luluskan 425 Wisudawan, Rektor Tekankan Intelektualitas dan Akhlaqul Karimah

1 Juni 2024 - 20:48 WIB

Lantik IPNU-IPPNU Ranting Banjaragung, Ketua MWC NU Bangsri: Fokus Kaderisasi

1 Juni 2024 - 09:55 WIB

Pengurus IPNU IPPNU Ranting Desa Banjargung periode 2024 - 2026 dilantik, Jumat (31/5/2024). Para pengurus yang baru diinstruksikan fokus kaderisasi para pelajar yang diproyeksikan menjadi generasi masa depan andalan Nahdlatul Ulama.

Sejarah NU dan Klaim Para Habaib

31 Mei 2024 - 14:26 WIB

Tanamkan Cinta Lingkungan Sejak Dini, SDIU Fadlun Nafis Ajak Anak Didik Tanam Mangrove di Pantai Kropak Bondo

25 Mei 2024 - 11:40 WIB

Pelajar SDIU Fadlun Nafis Bangsri Jepara menanam mangrove di Pantai Kropak Bondo.

Kepala Kemenag Jepara hingga Turis dari Kenya Kagumi Stand Gelar Karya Siswa MTs Sadamiyyah, Ini Alasannya

25 Mei 2024 - 11:30 WIB

Kepala Kemenag Jepara, Ketua LP Ma'arif NU Jepara dan lainnya foto bersama di depan stand karya pelajar MTs Sadamiyyah di Alun-alun Jepara.
Trending di Kabar