Menu

Mode Gelap
Manaqiban Syekh Abdul Qodir Al Jailani Awali Pembangunan RSNU Jepara Peringati Satu Abad NU, Warga Sukosono Gelar Lomba Durian Jawara Kesambet KKN UNISNU Diterjunkan, Rektor : “Berdayakan Warga Nahdliyin” PRNU Demangan Gaspoll, Terkumpul Wakaf Tanah RSNU Jepara 20 Meter Persegi

Kabar · 9 Sep 2019 03:15 WIB ·

Berebut Berkah Sego Suro


 Berebut Berkah Sego Suro Perbesar

Kirab Sego Suro Desa Guyangan.

nujepara.or.id – Acara sakral yang diselenggarakan oleh masyarakat Desa Guyangan Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara ini dilaksanakan tiap tanggal 8 Suro (Muharram) sebagai kegiatan yang bersinergi dengan peringatan haul almaghfurlahu KH. Musthofa Abdul Hamid Guyangan Umbuk-umbuk.

Kegiatan kirab ini berlangsung mulai pukul 13.30 wib sampai selesai dengan mengarak Sego Suro raksasa beserta gunungan hasil bumi dan 11 macam ubo rampe khas budaya Jawa sebagai simbol persatuan 11 RW se desa Guyangan dengan berjalan kaki mengelilingi jalur lingkar Dukuh Umbuk-umbuk dan Dukuh Nganjir dan diikuti aneka ragam pakaian adat, pakaian hias hasil kreasi warga dengan diiringi pasukan drumband dan tanjidor.

Ikut meramaikan pula ribuan peserta kirab dan pengunjung yang memadati titik pusat kegiatan dan sepanjang jalan lintas karnaval.

Pengamanan kegiatan dan lalu lintas dikawal oleh Babinsa, Babinkamtibmas, Banser dan pemuda beshuss sebagai panitia.

Sakralitas kegiatan kirab ini karena ditunjang dengan peragaan dan ubo rampe yang diarak keliling ini memiliki makna filosofi yang sangat dalam sehingga kegiatan benar-benar berlangsung khidmat sebagai bentuk penghormatan almaghfurlahu KH. Musthofa Abdul Hamid sebagai salah satu tokoh sesepuh penyebar agama Islam di desa Guyangan dan sekitarnya.

Berebut Berkah Sego Suro

Setelah kirab sampai finish di halaman Masjid Baitul Mu’minin, warga berebut berkah Sego Suro raksasa di halaman Masjid dengan berjubel untuk turut kepungan menikmati keberkahan sego suro yang kaya akan sejarah, tak luput pula gunungan hasil bumi menjadi rebutan warga dan pengunjung untuk mencari berkah sampai habis tak tersisa.

Keberkahan puncak dikemas dalam kegiatan zikir dan doa bersama Majlis dzikir dan maulidurrasul al-khidmah beserta tausiyah pada malam hari. Semoga keberkahan ini meluber kepada semua warga dan pembaca sekalian, Amin. (Faiz Abdurrahman)

Artikel ini telah dibaca 13 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Manaqiban Syekh Abdul Qodir Al Jailani Awali Pembangunan RSNU Jepara

24 Januari 2023 - 13:23 WIB

Rais Syuriyah PCNU Jepara KH Khayatun Abdullah Hadziq menyerahkan potongan tumpeng kepada Mustasyar KH Makmun saat kegiatan tasyakuran pembelian tanah RSNU Jepara di Desa Troso Kecamatan Pecangaan, Selasa (24/1/2023) sore.

Peringati Satu Abad NU, Warga Sukosono Gelar Lomba Durian Jawara

23 Januari 2023 - 01:58 WIB

Sebanyak 50 Anak Yatim Mendapat Santunan dari Muslimat NU Petekeyan

20 Januari 2023 - 14:27 WIB

Kesambet

19 Januari 2023 - 08:46 WIB

KKN UNISNU Diterjunkan, Rektor : “Berdayakan Warga Nahdliyin”

19 Januari 2023 - 07:09 WIB

PRNU Teluk Awur Antusias Penggalangan Dana untuk RSNU Jepara

19 Januari 2023 - 06:01 WIB

Trending di Kabar
%d blogger menyukai ini: