Menu

Mode Gelap
Riwayat Pesisir Utara, Pusat Penyebaran Islam di Pulau Jawa Fatayat Batealit Dorong UMKM Naik Kelas Guru: Antara Profesi dan Tuntunan  Halaqah Kebangsaan KUPI II Perkuat Advokasi Ulama Perempuan Bendahara NU Pulodarat Raih Juara Ajang Santripreneur Award 2022

Hujjah Aswaja · 5 Agu 2022 02:07 WIB ·

Ini Tujuh Peristiwa Penting Pada 10 Muharram


 Ini Tujuh Peristiwa Penting Pada 10 Muharram Perbesar

nujepara.or.id – Bulan Muharram yang merupakan bulan pertama di tahun Hijriah merupakan salah satu dari empat bulan mulia yang disebut dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 36, selain Dzulqa’dah, Dzulhijjah, dan Rajab. Di antara keistimewaan bulan ini adalah terdapat hari Asyura. Pada hari kesepuluh di bulan Muharram ini ternyata ada ada tujuh peristiwa penting yang dialami para nabi utusan Alloh SWT. Apa saja?

Pertama, Nabi Adam as bertobat kepada Allah dari dosa-dosanya. Atas pertobatan itu, Allah swt menerima tobatnya di hari yang sama.

Kedua, kapal Nabi Nuh pada hari Asyura berlabuh di bukit Zuhdi dengan selamat. Perlabuhannya itu berhasil setelah melalui banjir bandang yang melanda dunia saat itu, dan menghanyutkan hingga membinasakan banyak makhluk.

Ketiga, Nabi Ibrahim as pada hari tersebut selamat dari siksa Raja Namrud. Sebagaimana diketahui, ayah dari Nabi Ismail dan Nabi Ishaq itu disiksa dengan dibakar hidup-hidup oleh raja tersebut.

Keempat, Nabi Yusuf as dibebaskan dari penjara Mesir pada hari Asyura. Fitnah yang dituduhkan kepadanya mengantarkan Nabi yang berparas rupawan itu ke bilik jeruji. Demikian dikutip dari Nu Online, Jumat (5/8/2022).

Kelima, Nabi Yunus as pada hari Asyura berhasil keluar dari perut ikan yang melahapnya. Nabi Yunus terjun ke laut setelah merasa bahwa kapal yang ditumpanginya tidak bergerak karena keberadaannya.

Namun, awak kapal enggan membiarkan Sang Nabi tenggelam di lautan. Meskipun demikian, Nabi Yunus bersikukuh sehingga dibuatlah undian, siapa yang terpilih, dialah yang akan ditinggalkan di laut. Namun, nama Nabi Yunus terus yang keluar. Karenanya, Nabi Yunus pun menceburkan dirinya ke laut. Belum sempat menyentuh air, tubuhnya langsung dilahap oleh ikan besar.

Keenam, Nabi Ayyub as disembuhkan Allah dari penyakitnya yang menjijikkan. Sebagaimana diketahui, bahwa ia pernah mendapatkan ujian dari Allah swt berupa penyakit kulit yang menimbulkan bau tidak sedap. Hal demikian, membuat keluarganya pun pergi meninggalkannya, kecuali istri dan anaknya yang setia merawatnya.

Ketujuh, Nabi Musa as dan umatnya kaum Bani Israil selamat dari pengejaran Fir’aun di Laut Merah. Nabi Musa dan umatnya yang berjumlah sekitar lima ratus ribu orang selamat memasuki gurun Sinai untuk kembali ke tanah leluhur mereka.

Demikian tujuh peristiwa penting yang dialami para nabi utusan Alloh SWT dan terjadi pada 10 Muharram. Semoga kita bisa mengambil ibroh dari berbagai peristiwa itu.

Artikel ini telah dibaca 77 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Fatayat Batealit Dorong UMKM Naik Kelas

27 November 2022 - 14:11 WIB

Sebanyak 76 pelaku UMKM dari wilayah Kecamatan Bateslit dan sekitarnya mengikuti kegiatan yang digelar PAC Fatayat Batealit, Kamis (24/11/2022)

Halaqah Kebangsaan KUPI II Perkuat Advokasi Ulama Perempuan

24 November 2022 - 14:35 WIB

Penyelenggara KUPI II menggelar konferensi pers, Kamis (24/11/2022). KUPI II digelar di Ponpes Hasyim Asy'ari, Desa Bangsri, Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara. (Dok. Panitia KUPI II).

Resmi Dibuka PJ Bupati Jepara, Bazar KUPI II Libatkan Ratusan UMKM

23 November 2022 - 07:44 WIB

Bendahara NU Pulodarat Raih Juara Ajang Santripreneur Award 2022

22 November 2022 - 07:16 WIB

Para pemenang Santripreneur Award 2022 berfoto bersama usai penyerahan penghargaan yang dihadiri oleh Menkop UKM Teten Masduki, Senin (21/11/2022).

Pesantren Balekambang Gelar Halaqah Fiqih Peradaban

16 November 2022 - 03:14 WIB

Jepara Siap Menjadi Tuan Rumah Konggres Ulama Perempuan Indonesia II

16 November 2022 - 00:35 WIB

Trending di Hujjah Aswaja
%d blogger menyukai ini: