Menu

Mode Gelap
Membumikan Tasawuf, Jatman Idaroh Ghusniyah Kecamatan Tahunan Gelar Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah UNISNU Jepara Luluskan 425 Wisudawan, Rektor Tekankan Intelektualitas dan Akhlaqul Karimah Lantik IPNU-IPPNU Ranting Banjaragung, Ketua MWC NU Bangsri: Fokus Kaderisasi Sejarah NU dan Klaim Para Habaib Kepala Kemenag Jepara hingga Turis dari Kenya Kagumi Stand Gelar Karya Siswa MTs Sadamiyyah, Ini Alasannya

Hujjah Aswaja · 5 Jun 2022 14:24 WIB ·

Lahan Kritis di Situs Purbakala Candi Angin Ditanami Sejumlah Pohon


 Forum Peduli Cagar Budaya Muria Perbesar

Forum Peduli Cagar Budaya Muria

nujepara.or.id- Sejumlah komunitas yang tergabung dalam Forum Peduli Cagar Budaya Muria melakukan Kegiatan bersih-bersih situs purbakala Candi Angin yang berada di Dukuh Duplak, Desa Tempur, Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara.

Kegiatan yang diikuti sekitar 200 peserta ini dilaksanakan pada Minggu, (5/6/2022). Hal ini sebagai bentuk kepedulian generasi muda dalam melestarikan peninggalan nenek moyang. Seperti diketahui, situs Candi Angin yang terletak di lereng Muria diyakini masyarakat Jepara, terutama masyarakat Desa Tempur sebagai peninggalan pada masa kerajaan Kalingga yang saat itu dipimpin oleh Ratu Shima. Namun, berdasarkan penelitian lain, situs Candi Angin ini adalah pada masa kerajaan Majapahit.

Desa Tempur yang terletak di dataran tinggi memang mempunyai banyak peninggalan purbakala. Selain Candi Angin ada yang bernama Candi Aso. Sebab, seperti kita ketahui sebelum masuknya Islam, tempat-tempat pemujaan seperti candi sering dibangun di dataran tinggi.

Ahmad Junaidi, salah satu peserta sekaligus Ketua Panitia kegiatan bersih-bersih Candi Angin saat dihubungi nujepara.or.id, mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh Forum Peduli Cagar Budaya Muria semata-mata untuk menjaga dan melestarkan alam di kawasan Candi Angin.

“Forum Peduli Cagar Budaya Muria yang terbentuk pada tahun 2020 lalu merupakan binaan dari Balai Arkeologi (Balar) DIY, dan kegiatan ini salah satunya arahan dari tim Balar Yogyakarta”, ujar Junaidi.

Lebih lanjut Junaidi mengatakan bahwa kegiatan bersih-bersih Candi Angin membuat mayarakat sangat antusias untuk mengikuti. Tercatat beberapa elemen masyarakat yang ikut kegiatan ini adalah Forum peduli cagar budaya Muria binaan dari balai arkeologi DIY, TACB Kab. Jepara, Semut ijo Pati, Palupi Pati, Pring Kuning, Pemuda Arjuna Duplak, Mahasiswa Universitas Terbuka Semarang, Pokjar Kebangsaan Bangsri dan Pecinta Alam Jepara Pati kudus.

“Kegiatan ini bertujuan agar situs Candi Angin ini tetap terjaga, terawat. Ini adalah bentuk kepedulian kami sebagai generasi muda yang ikut andil dalam menjaga alam sekitar, semoga kegiatan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat tempur dan sekitar”, kata Junaidi

“Harapannya adalah agar dari Pemerintah Kabupaen Jepara  peduli dengan situs seperti ini, yang mana Candi Angin ini adalah situs yang sangat penting bagi Jepara mengingat ini adalah tinggalan nenek moyang kita yang perlu di lestarikan”, ungkap Junaidi.

Kegiatan yang dimulai dari rumah juru kunci Candi Angin yang bernama Mbah Jan ini kemudian dilanjutkan menuju Candi Angin dengan menanami 200 bibit pohon jambu, 100 bibit pohon beringin di jalur menuju situs Candi Angin yang berada di lahan kritis, serta Pelepasan 50 ekor burung. (ua)

Artikel ini telah dibaca 243 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Progress Lebih Cepat, Dilaksanakan Pengecoran Lantai Tiga RSU Anugerah Sehat Jepara

18 Juni 2024 - 09:22 WIB

Doa bersama dan pembacaan manaqib sebelum pengecoran RSU Anugerah.

Membumikan Tasawuf, Jatman Idaroh Ghusniyah Kecamatan Tahunan Gelar Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah

17 Juni 2024 - 08:56 WIB

Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah yang digelar di pondok pesantren An Nur Mangunan, Sabtu (15/6/2024) dihadiri sejumlah Pengurus MWC NU Tahunan, Rois Syuriyah Ranting, dan ratusan santri.

Madin Al Fauziyah Banjaragung Gelar Live-in ke-3 di Papasan

17 Juni 2024 - 03:25 WIB

Madrasah Diniyah (Madin) Al Fauziah banjaragung melaksanakan kegiatan live-in di Desa Papasan.

Menelusuri Jejak Budaya Pulau Nyamuk, Lakukan Inventarisasi

10 Juni 2024 - 04:13 WIB

Salah satu obyek yang diduga cagar budaya di Makam Sumur Wali Pulau Nyamuk.

Azmul Falah Terpilih Ketua GP Ansor Ranting Banjaragung

10 Juni 2024 - 04:04 WIB

Ketua PAC GP Ansor Bangsri Miftahusururi (kiri) memberikan perangkat organisasi secara simbolis kepada Azmul Falah (kanan).

Senangnya Siswa di Pulau Nyamuk, Dapat Kunjungan Museum R.A Kartini

9 Juni 2024 - 05:06 WIB

Trending di Hujjah Aswaja