Menu

Mode Gelap
PCNU Jepara Gelar Peringatan Harlah Ke-101 NU, Mbah Yatun : “NU-Muhammadiyah Benteng Negara, Kita Seirama” NU Ranting Bulungan Pakis Aji Gelar Musran Ala Muktamar Mulai dari Kyai, TNI dan Polri Hadiri Haul Gus Dur di “Majelis Kopi“ Gus Nasrul Upgrade Profesionalisme Guru Madrasah di Jepara, UNISNU Berikan Pelatihan PPG dan TIK PC LPBI NU Kuatkan Kader Tanggap Bencana di Jepara Lewat Pelatihan dan Edukasi

Kabar · 23 Mar 2021 13:57 WIB ·

Peduli Lingkungan, Ansor Kedung Rintis Bank Sampah


 Peduli Lingkungan, Ansor Kedung Rintis Bank Sampah Perbesar

PAC Ansor Kedung rintis bank sampa di Desa Panggung. (Istimewa)

nujepara.or.id – Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ansor Kedung Kabupaten Jepara memfasilitasi terbentuknya panitia pembentukan kepengurusan bank sampah di  Desa Panggung Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara. Hal itu merupakan program Ansor sebagai bentuk kepedulian Ansor terhadap persoalan lingkungan.

Acara dilaksanakan di Balai Desa Panggung, Jumat (19/3/2021). Hadir Ketua PAC GP Ansor Kedung Sabiq Wafiyuddin, perwakilan Pemdes Panggung, PKK, tokoh masyarakat, Muslimat, tokoh agama, dan pengurus PAC Ansor Kedung

Kesempatan itu Gus Sabiq mengatakan permasalahan sampah jangan dibebankan kepada desa saja, melainkan membutuhkan peran serta elemen ormas agama, kepemudaan, karang taruna dll. Pemdes dan mayarakat dapat menjadi pelopor penggerak yang mempunyai andil luar biasa. Pernyataan ini adalah pengalaman yang ia dapatkan saat menjadi petugas pendamping desa.

“Pemdes sudah banyak pekerjaan yang harus dilaporkan. Jika permasalahan sampah dibebankan ke desa sampai yaumul qiyamah tidak akan rampung,” katanya.

Dalam rapat terbentuklah jajaran kepanitiaan pembentukan struktur bank sampah. Dalam kepanitiaan disepakati ketua panitia  Miftahul Huda,  anggota  Sumarto, Safiuddin, Muktadir, dan Tarji. Keempat panitia tersebut adalah kader Ansor Ranting Panggung.

Gus Sabiq menambahkan Ansor berembuk dengan Pemdes Panggung dan masyarakat  soal pengelolaan sampah ini merupakan program PAC Ansor Bidang Sosial Ekonomi. Bidang ini digawangi Wakil Ketua Bidang Sosial dan Ekonomi, Syukron Makmun dan Nasirin selalu anggota bidang.

Syukron Makmun menambahkan setelah pembentukan stuktur agenda selanjutnya PAC  akan terus mengawal sampai masalah sampah di Panggung terselesaikan. Menurutnya Desa Panggung akan dijadikan pilot project gerakan peduli sampah PAC Ansor di Kecamatan Kedung Jepara.

“Ini rencana sebagai pilot project gerakan peduli lingkungan PAC Kedung,” tambah Syukron Makmun.

Kegiatan ini mendapatkan apresiasi dari Petinggi Panggung Samsul Huda. Ia mengucapkan terimah kasih kepada jajaran PAC Ansor Kedung atas acara yang telah dilaksanakan di desanya. “Terima kasih banyak semuanya. Semoga bank sampah ini segera terwujud,” harap Samsul. (ms)

Artikel ini telah dibaca 42 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pj Bupati Jepara Launching NU Mart MWC Kedung: Dari Kita, Oleh Kita, Untuk NU dan Bantu Progam Pemerintah

2 Maret 2024 - 16:26 WIB

Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta, Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan dan Rois Syuriah PCNU Jepara KH Khayatun Abdullah Hadziq memotong pita saat launching NU Mart MWC NU Kedung, Sabtu (2/3/2024)

PCNU Jepara Gelar Peringatan Harlah Ke-101 NU, Mbah Yatun : “NU-Muhammadiyah Benteng Negara, Kita Seirama”

28 Januari 2024 - 23:45 WIB

NU Ranting Bulungan Pakis Aji Gelar Musran Ala Muktamar

28 Januari 2024 - 22:22 WIB

Mulai dari Kyai, TNI dan Polri Hadiri Haul Gus Dur di “Majelis Kopi“ Gus Nasrul

24 Januari 2024 - 15:14 WIB

NU Gelar Khaul Massal Serentak se-Jepara, Ikhtiar Sengkuyung Pembangunan RSU Aseh

28 Desember 2023 - 10:29 WIB

NU Gelar Khaul Massal Serentak se-Jepara, Ikhtiar Sengkyung Pembangunan RSU Aseh.

Upgrade Profesionalisme Guru Madrasah di Jepara, UNISNU Berikan Pelatihan PPG dan TIK

15 Desember 2023 - 15:51 WIB

Trending di Kabar