Menu

Mode Gelap
PCNU Jepara Gelar Peringatan Harlah Ke-101 NU, Mbah Yatun : “NU-Muhammadiyah Benteng Negara, Kita Seirama” NU Ranting Bulungan Pakis Aji Gelar Musran Ala Muktamar Mulai dari Kyai, TNI dan Polri Hadiri Haul Gus Dur di “Majelis Kopi“ Gus Nasrul Upgrade Profesionalisme Guru Madrasah di Jepara, UNISNU Berikan Pelatihan PPG dan TIK PC LPBI NU Kuatkan Kader Tanggap Bencana di Jepara Lewat Pelatihan dan Edukasi

Kabar · 18 Apr 2016 08:53 WIB ·

Peserta Baksos KB Muslimat NU Membludak


 Peserta Baksos KB Muslimat NU Membludak Perbesar

 
keluarga berencana nu

MENDAFTAR : Masyarakat berduyun-duyun mendaftar saat mengikuti kegiatan keluarga berencana di Rumah Bersalin Masyithoh komplek gedung NU Jepara, Sabtu (16/4).

JEPARA – Ratusan orang antusias mengikuti bakti sosial berupa pelayanan keluarga berencana (KB) serta pemeriksaan antisipasi kanker serviks di Rumah Bersalin Masyitoh di kompleks gedung NU Jepara, Sabtu (16/4). Mayarakat tak dipungut biaya dalam menerima pelayanan tersebut.
Kegiatan itu diselenggarakan Pengurus  Cabang Muslimat NU Jepara bekerja sama dengan Badan Kependudukan dan keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jateng serta Badan Pemberdayaan Perempuan dan Pelindungan Anak Kabupaten Jepara.
Ketua PC Muslimat NU Jepara Noor Ainy mengatakan, baksos pelayanan KB tersebut merupakan rangkaian kegiatan Hari Lahir ke-70 Muslimat NU sekaligus Harlah ke-93 NU. Baksos itu diselenggarakan bersamaan dengan hadirnya Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise di acara Festival Kartini yang digelar Pemkab.
“Rangkaian kegiatan Harlah Muslimat sangat banyak, mulai Maret lalu dan hari ini pelaksanaan baksos pelayanan KB serta pemeriksaan kesehatan sebagai antisipasi kanker serviks,” kata Noor Ainy.
Pelaksanaan baksos di RB Masyithoh tersebut juga dihadiri Kepala perwakilan BKKBN Jateng Mustar, Asisten Sekda Jepara Edy Sujatmiko, dan Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Jepara Inah Nuroniah. “Pelaksanaan KB di Jepara tercapai melebihi target. Kerja sama dengan Muslimat ini adalah salah satu program yang positif,” kata dia.
Mustar menjelaskan, BKKBN Jateng ikut berpartisipasi dengan masyarakat, terutama kegiatan yang diselenggarakan Muslimat NU Jepara tersebut. “Ini sangat bagus, ada pelayanan KB, ada pula pemeriksaan untuk pencegahan dini kanker serviks yang dianggap sebagai salah satu penyakit pembunuh kaum perempuan,” kata Mustar.
Ia mengatakan, target awal kegiatan tersebut diikuti 200 peserta, namun kenyataannya diikuti lebih dari 350 peserta. “Masyarakat sangat antusias. Kami pun mengantisipasi dari  sisi tenaga untuk pelayanan,” lanjutnya.
Mustar menjelaskan, pada 2015 seluruh Jateng partisipasi KB adalah 60 persen (4,5 juta orang) dari total sekitar 6,6 juta orang. Sisanya, yang belum berpartisipasi KB di antaranya para pengantin baru dan ingin segera punya anak, da nada pula masyarakat yang belum mau ikyt KB lantaran khawatir efek samping karena kurang informasi. (ms)
Artikel ini telah dibaca 14 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pj Bupati Jepara Launching NU Mart MWC Kedung: Dari Kita, Oleh Kita, Untuk NU dan Bantu Progam Pemerintah

2 Maret 2024 - 16:26 WIB

Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta, Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan dan Rois Syuriah PCNU Jepara KH Khayatun Abdullah Hadziq memotong pita saat launching NU Mart MWC NU Kedung, Sabtu (2/3/2024)

PCNU Jepara Gelar Peringatan Harlah Ke-101 NU, Mbah Yatun : “NU-Muhammadiyah Benteng Negara, Kita Seirama”

28 Januari 2024 - 23:45 WIB

NU Ranting Bulungan Pakis Aji Gelar Musran Ala Muktamar

28 Januari 2024 - 22:22 WIB

Mulai dari Kyai, TNI dan Polri Hadiri Haul Gus Dur di “Majelis Kopi“ Gus Nasrul

24 Januari 2024 - 15:14 WIB

NU Gelar Khaul Massal Serentak se-Jepara, Ikhtiar Sengkuyung Pembangunan RSU Aseh

28 Desember 2023 - 10:29 WIB

NU Gelar Khaul Massal Serentak se-Jepara, Ikhtiar Sengkyung Pembangunan RSU Aseh.

Upgrade Profesionalisme Guru Madrasah di Jepara, UNISNU Berikan Pelatihan PPG dan TIK

15 Desember 2023 - 15:51 WIB

Trending di Kabar